263 Guru Kontrak Biak Diprioritaskan Sekolah Kampung

share on:
Guru Kontrak sedang mengajar – doc/mosesdouw.blogspot.com
Guru Kontrak sedang mengajar – mosesdouw.blogspot.com

Biak, Jubi – Dinas pendidikan (Disdik) Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua dalam tahun pelajaran 2016/2017 akan memprioritaskan sebanyak 263 tenaga guru kontrak untuk ditempatkan ke berbagai sekolah kampung tersebar di 19 distrik.

“Ratusan guru kontrak dengan latar belakang pendidikan sarjana berbagai disiplin ilmu merupakan tenaga pendidik untuk menunjang proses belajar mengajar di sekolah kampung dan wilayah kepulauan,” kata Kepala Dinas Pendidikan Biak Lot L Yensenem yang dihubungi di Biak, Sabtu (21/5/2016).

Ia mengatakan, pengangkatan guru kontrak dilakukan Pemkab Biak Numfor karena menjadi salah satu solusi dalam mengatasi kekurangan tenaga guru pada berbagai sekolah di semua jenjang pendidikan SD, SMP hingga SMA/SMK.

Kadis Pendidikan Lot Yensenem otimistis penempatan guru kontrak di berbagai sekolah akan mengatasi kekurangan guru di setiap sekolah terdepan, terpencil dan terluar.

“Guru kontrak yang dikontrak Pemkab Biak Numfor telah diseleksi secara ketat, ya bagi yang lulus merupakan guru yang terbaik,” tegas Kadis Pendidikan Lot Yensenem.

Lot mengakui, dari beberapa data sekolah di daerah terpencil, hingga 2016 masih dikeluhkan kekurangan tenaga pendidik guru. Menurut Lot, disebabkan adanya guru yang pensiun serta guru yang mutasi karena mengikuti suami atau kepentingan lain.

“Dinas Pendidikan Biak terus mengoptimalkan tenaga guru yang dimiliki sehingga dapat menunjang proses belajar mengajar di sejumlah sekolah se Kabupaten Biak Numfor,” ujarnya.

Terkait dengan tunjangan sertifikasi guru, menurut Kadis Pendidikan, untuk triwulan 2016 periode Januari-Maret sudah direalisasikan pembayarannya melalui guru bersangkutan.

Berdasarkan data guru di Kabupaten Biak Numfor yang sudah mengikuti sertfikasi guru mencapai 500-an guru yang mengajar di berbagai jenjang pendidikan SD, SMP, SMA dan SMK. (*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  263 Guru Kontrak Biak Diprioritaskan Sekolah Kampung