DPRD Minta Keamanan, Air Bersih RSUD Nabire Ditingkatkan

share on:
DPRD Nabire sedang berbincang dengan petugas dan pasien – jubi/Titus
DPRD Nabire sedang berbincang dengan petugas dan pasien – jubi/Titus

Nabire, Jubi – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Nabire meminta Pemkab Nabire memperhatikan kebersihan, keamanan, air bersih dan jumlah tenaga dokter di RSUD Nabire.

Pada inspeksi mendadak (sidak) yang dilakukan Senin (23/5/16), DPRD menemukan pelayanan sudah cukup bagus, namun kebersihan, air bersih, dan kurangnya tenaga dokter masih menjadi keluhan pasien.

“Pasien ini kan harus istirahat yang cukup.Bagaimana kalau banyak orang yang datang, pasti mereka tidak istirahat yang baik,” ujar Wakil Ketua Komisi B Bidang Pendidikan dan Kesehatan, Hj.Katherin Maruanaya.

Sementara itu, Ketua Komisi A Bidang Pemerintahan dan Hukum, Udin Mardin meminta peningkatan keamanan. “Bila perlu Satpol PP yang ada harus ditambah agar memberikan rasa nyaman dan aman bagi untuk petugas maupun pasien. Bila keamanan kondusif pasti tidak akan terjadi hal-hal yang kita inginkan,” ujarnya.

Sementara itu Direktur RSUD Nabire dr. Jhony Tandisau mengatakan, ada beberapa hal kendala yang dihadapi yakni, soal pengunjung/pembesuk yang tidak memperhatikan jam kunjungan.

“Kami tidak bisa melarang, takut nanti salah paham karena itu keluarga pasien,” ujarnya.

Terkait sampah, sudah ada pihak ketiga yang mengurusnya.namun ada kendala lain yaitu belum ada armada yang siap mengangkut sampah jadi sering menumpuk.

“Yang paling utama adalah air. Kami hanya punya tiga sumur tapi dua tidak layak jadi hanya satu yang digunakan. untuk air PDAM, RSUD belum ada. Namun kami biasa pesan dari tangki PDAM sehari dua kali,” lanjut Jhony Tandisau.

Menurut rencana RSUD Nabire akan mendapatkan tambahan beberapa ruangan  yakni Ruangan Poliklinik, Ruang Bedah, Ruang Gizi serta Ruangan PMI dan sekaligus meningkatkan status dari tipe C ke tipe B. (Titus Ruban)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  DPRD Minta Keamanan, Air  Bersih RSUD Nabire Ditingkatkan