Mahasiswa PNG Dipuji Pimpin Protes Pengunduran Diri Peter O’Neill

share on:
Mahasiswa di University of Papua New Guinea telah memboikot kelas sebagai protes agar Perdana Menteri Peter O'Neill mengundurkan diri dari jabatannya - Disediakan/UPNG4PNG
Mahasiswa di University of Papua New Guinea telah memboikot kelas sebagai protes agar Perdana Menteri Peter O’Neill mengundurkan diri dari jabatannya – Disediakan/UPNG4PNG

Jayapura, Jubi – Banyak pujian diberikan atas keberanian mahasiswa Papua Nugini dari masing-masing organisasi yang memimpin melakukan petisi massa yang bertujuan untuk pengunduran diri perdana menteri Peter O’Neill.

Mahasiswa Universitas PNG di Port Moresby telah memboikot kelas dari proses belajar selama tiga minggu. Dan, pada pekan lalu para mahasiswa pemberani itu mengeluarkan sebuah ultimatum kepada Peter O’Neill untuk mengungurkan diri dari jabatannya dan menjalani proses hukum atas kasus penipuan besar melibatkan dirinya.

Perdana menteri tidak menyetujui permintaan mahasiswa tersebut, tetapi menghargai mahasiswa dengan menyerahkan permohonan itu kepada delegasi pemerintah di Universitas PNG. Anggota delegasi itu termasuk Gubernur Ibu Kota Nasional, Powes Parkop. Parkop memuji mahasiswa dimana bisa mengorganisir massa dengan menghadirkan lebih dari 15 ribu mahasiswa untuk sebuah komitmen bagi masa depan PNG.

Dr Fiona Hukula, seorang perempuan yang mengamati jalannya aksi protes pada pekan lalu, mengatakan dia sangat terkesan dengan bagaimana proses demonstrasi itu dapat diselenggarakan dengan begitu damai.

“Mereka mampu mengendalikan kerumunan cukup besar orang luar, dan mereka memberikan banyak rasa hormat kepada orang-orang yang ada di sana,” kata Dr Hukula, seperti dikutip Radio New Zealand, Senin (23/5/2016).

“Dan saya pikir itu hal yang benar-benar bagus, dan itu adalah hal yang positif untuk melihat orang-orang muda kita datang dan menunjukkan kepemimpinan yang kuat seperti itu,” imbuh Dr Hukula.

Saat ini, Dewan Perwakilan Mahasiswa Universitas di PNG sedang memikirkan langkah berikut untuk mendesak pengunduran diri Peter O’Neill. Wacana yang berkembang menyebutkan aksi berikutnya bisa mencakup penarikan massa yang lebih besar lagi.

Sementara ini, boikot umum kelas dari proses belajar masih terus berlangsung. (*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Mahasiswa PNG Dipuji Pimpin Protes Pengunduran Diri Peter O’Neill