Pemkot Lakukan Transplantasi Terumbu Karang

share on:
Kepala Bidang Produksi Dinas Perikanan dan Kelautan Kota Jayapura Matheys Sibi - Jubi/Enrico
Kepala Bidang Produksi Dinas Perikanan dan Kelautan Kota Jayapura Matheys Sibi – Jubi/Enrico

Jayapura, Jubi – Pemkot Jayapura melakukan transplantasi terumbu karang dan pemasangan rumah ikan untuk menyehatkan kembali habitat laut di kawasan Kampung Kayu Pulau, Distrik Jayapura Utara dan Teluk Youtefa, Distrik Abepura.

Kepala Bidang Produksi Dinas Perikanan dan Kelautan Kota Jayapura Matheys Sibi mengatakan pihaknya sering memantau di lokasi tersebut. Oleh karena itu, pemasangan rumah ikan dilakukan di kawasan yang rentan menangkap ikan dengan bom.

Sekitar 120 modul rumah ikan yang disebarkan dan tidak ada jenis tertentu karena rumah ikan tersebut diadopsi dari hasil teknologi Balai Besar Pengembangan Perikanan Tangkap di Semarang.

“Jadi, rumah ikan ini sudah didesain, kita tinggal beli paketnya dan kita pasang di titik yang ada bom, yang terumbunya karang hancur,” katanya di Kota Jayapura, Senin (23/5/2016).

Ia menyebutkan pemasangan rumah ikan dilakukan sejak tahun 2014 dan 2015. Sedangkan tahun 2016 dan 2017 pihaknya mengikuti perkembangannya.

“Kalau bagus, nanti dilihat lagi dengan dukungan anggaran yang ada. Kita lihat spot-spot mana lagi yang nanti kita pasang,” ujarnya.

Dari pemantauan pihaknya beberapa lokasi seperti di sekitar Kayu Pulau, Holtekam dan Teluk Youtefa sering terjadi penangkapan ikan yang tak ramah lingkungan.

“Kalau di Holtekam, kita memang pernah pasang dengan konstruksi beton tapi bertahan 3 – 4 bulan karena arus kencang, hilang tertimbun pasir di dasar laut. Jadi, kita fokus di Kayu Pulau dan Teluk Youtefa,” ujarnya.

Warga Kota Jayapura, Fritsson meminta Dinas Perikanan bekerja sama dengan polisi untuk menangani penangkapan ikan yang merusak habitat laut dan terumbu karang.

“Biasa saya pergi mandi di pantai Yakoba, itu kadang saya lihat orang buang bom ikan. Bahkan dalam sehari itu bisa sampai tiga kali,” ujarnya. (*)

 

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Pemkot Lakukan Transplantasi Terumbu Karang