DKP Papua Minta Kapal Pengawas

share on:
Kapal Pengawas - Tribunnews.com
Kapal Pengawas – Tribunnews.com

Jayapura, Jubi – Dinas Kelautan Perikanan (DKP) Provinsi Papua meminta kapal pengawas untuk mecegah illegal fishing di perairan laut Papua.

“Kami minta Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), dan mereka meminta kami menyiapkan dermaganya,” kata Kepala DKP Papua, FX Mote di Jayapura, Rabu (25/5/2016).

Untuk dermaga, jelas Mote, kemungkinan tahun ini pihaknya akan siapkan anggarannya, dengan harapan Pemprov Papua dalam hal ini Gubernur bisa membantu menyiapkan tempat.

“Dengan adanya dermaga kapal pengawas bisa berlabuh di situ, rencananya akan dibangun tepat di belakang kantor dinas kelautan dan perikanan Dok VII,” ujarnya.

Menurut Mote, pangkalan atau pelabuhan yang akan dibangun bisa digunakan untuk berbagai kapal, dengar harapan perbaikan hingga pemeriksaan bisa dilakukan terpusat, apalagi diketahui punya masa waktu,” kata Mote.

Sebelumnya, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti meluncurkan empat kapal pengawas baru yang merupakan bagian dari armada Sistem Kapal Inspeksi Perikanan Indonesia (SKIPI).

“Saya ingin SKIPI lebih membuat kontribusi tambahan dalam mengamankan laut lepas, ZEE (Zona Ekonomi Eksklusif) kita, supaya para pencuri ikan menyadari kehadiran negara dan kita tidak main-main, serius menjaga laut kita,” kata Susi Pudjiastuti.

Menurut Susi Pudjiastuti, langkah ini juga membuktikan konsistensi pemerintah untuk terus menjaga supaya laut Indonesia tidak dicuri pelaku penangkapan ikan ilegal.

Menteri Susi mengemukakan, armada kapal terbaru itu nantinya akan ditaruh di laut Natuna, Arafuru, dan kawasan perairan perbatasan. Jumlah kapal itu akan dibangun 2-3 setiap tahunnya sehingga ke depannya bakal ada 10 kapal pengawas baru milik KKP.

“ABK (anak buah kapal) berjumlah 24 orang, 15 dari PSDKP (Pengawas Sumber Daya Kelautan dan Perikanan) KKP. Kami dibantu TNI AL dan Marinir untuk melatih orang-orang kita,” ujar Susi. (*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  DKP Papua Minta Kapal Pengawas