Gudang Beras Berkapasitas 3.500 Ton Mulai Dibangun

share on:
beras bulog
Gudang milik Bulog Sub Divre Merauke di Distrik Tanah Miring. Jubi/Frans L Kobun

Merauke, Jubi – Pembangunan gudang beras milik Bulog Sub Divre Merauke dengan kapasitas  3.500 ton di Kampung Candra Jaya, Distrik Kurik mulai dibangun tahun ini. Karena sangat dibutuhkan apalagi Merauke sebagai salah satu sentra pangan nasional.

Demikian disampaikan Kepala Perum Bulog Divisi Regional Papua dan Papua Barat, M.Attar Rizal kepada wartawan Rabu (25/5/2016). “Ini adalah komitmen  yang harus dilaksanakan dan telah ada persetujuan dari pusat. Memang agak lama menunggu, tetapi akhirnya bisa direalisasikan,” ujarnya.

Dengan adanya pembangunan gudang beras, lanjut dia, agar ada kemudahan bagi petani di Kurik dapat menjual beras mereka setelah digiling.  Juga sebagai solusi menekan biaya operasional pengangkutan ke tempat penampungan.

Diakui jika gudang beras milik Bulog Sub Divre Merauke sekarang, masih sangat terbatas. Sehingga kesulitan dalam membeli dan menampung beras dari petani.

“Saya melihat hasil panen gabah petani tahun ini sangat baik.  Jadi,  bagaimanapun juga, kita harus mempersiapkan gudang. Maksudnya agar beras dari petani dapat ditampung di tempat  aman,” ujarnya.

Ketua Gapoktan Kampung Yabamaru, Sumarlan mengaku, petani  sudah mulai melakukan panen dan sedang mempersiapkan juga lahan untuk musim tanam kedua. Karena harus mengejar air yang tersisa di saluran irigasi.

“Memang panen agak baik, tetapi petani mewaspadai serangan ulat yang biasa terjadi. Karena sering ulat datang secara mendadak dalam jumlah sangat banyak,” tuturnya. (*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Gudang Beras Berkapasitas 3.500 Ton Mulai Dibangun