Haibatullah Akhunzada Jadi Pemimpin Baru Taliban di Afghanistan

share on:
Ilustrasi Taliban Afghanistan - risingbd.com
Ilustrasi Taliban Afghanistan – risingbd.com

Kabul, Jubi – Taliban Afghanistan memilih wakil dari mantan pemimpin mereka sebelumnya, Mullah Akhtar Mansour, menjadi pemimpin baru mereka, kata juru bicaranya dalam pernyataan Rabu (23/5/2016).

Kelompok tersebut memastikan bahwa Mansour tewas dalam serangan udara Amerika Serikat.

Haibatullah Akhunzada, pemimpin baru Taliban itu, namanya tercantum dalam laporan PBB tahun lalu sebagai mantan kepala peradilan Taliban.

Dia merupakan cendekiawan keagamaan yang dihormati. Namun sayangnya hanya sedikit yang dapat diketahui terkait latar belakangnya.

Shirajuddin Haqqani, kepala jaringan yang dituduh menjadi pelaku sejumlah serangan bom di Kabul dalam beberapa tahun belakangan, dan Mulla Mohammad Yaqoob, anak mantan pemimpin Mullah Mohammad Omar, akan menjabat sebagai wakilnya, demikian dikatakan juru bicara utama Taliban, Zabihullah Mujahid, dalam pernyataan tersebut.

“Semoa orang diwajibkan mematuhi Emir Al Momineen, komandan yang baru,” demikian pernyataan itu menyebutkan.

Pengumuman itu menyusul sebuah pertemuan dewan kepemimpinan utama Taliban, atau Shura, yang mengakhiri kebingungan selama tiga hari terkait kebenaran tewasnya Mansour dalam serangan pesawat tanpa awak di Pakistan pada Sabtu lalu.

Berita itu diperoleh bersamaan ketika sebuah serangan bunuh diri di sebuah bus yang mengangkut staf pengadilan menewaskan sepuluh orang dan melukai empat orang lainnya di bagian barat ibu kota Afghanistan, Kabul.

Belum ada kelompok apapun yang mengklaim bertanggung jawab di balik kejadian itu.

Taliban maju pesat sejak pasukan NATO mengakhiri serangan tempurnya di Afghanistan pada 2014.

Saat ini mereka memegang kendali lebih besar di negara itu pasca penggulingan kekuasaan Taliban oleh pasukan pimpinan Amerika Serikat pada 2001.(*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Haibatullah Akhunzada Jadi Pemimpin Baru Taliban di Afghanistan