Syarat Calon Perseorangan Kota Jayapura, 29.285 KTP

share on:
Penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) untuk biaya Pilkada antara KPU bersama Pemerintah Kota Jayapura, Jumat (29/4/2016) – Jubi/Enrico
Penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) untuk biaya Pilkada antara KPU bersama Pemerintah Kota Jayapura, Jumat (29/4/2016) – Jubi/Enrico

Jayapura, Jubi- Setelah menetapkan mulainya tahapan Pemilukada Kota Jayapura pada 22 Mei yang lalu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jayapura, Provinsi Papua menetapkan jumlah minimal dukungan bagi bakal calon Wali Kota dan calon Wakil Wali Kota perseorangan yang ingin maju dalam Pilkada serentak 2017 adalah 8,5 persen dari jumlah DPT Pilpres Kota Jayapura 2014. 

Ketua KPU Kota Jayapura menyampaikan, keputusan tersebut menyesuaikan dengan PKPU No 9 tahun 2015 tentang besaran dukungan calon perseorangan yang kini masih terus dibahas oleh DPR.

“Pemilu terakhir adalah Pilpres 2014. Dalam rekapitulasi ,DPT Pilpres 2014 Kota Jayapura sebanyak 344.253, sehingga para calon perseorangan harus mengumpulkan 29.285 dukungan,” ujar Ketua KPU Kota Jayapura, Jerry Numberi pada Selasa (24/5/2016).

Aturan dukungan bagi balon perseorangan, ditambahkan Jerry, tidak hanya cukup dengan mendapatkan dukungan 8,5 persen. Tapi, jumlah dukungan tersebut tersebar di minimal 50 persen plus 1 dari total kecamatan yang ada pada suatu daerah.

“Jumlah kecamatan ada lima. Jadi 50 persennya adalah bisa 2,5 Kemudian dibulatkan menjadi tiga atau bisa empat kecamatan,” papar Jerry.

Ditegaskan Numberi, syarat dukungan berupa fotokopi kartu tanda penduduk (KTP) bagi calon perseorangan harus sudah diserahkan ke KPU Kota Jayapura pada 22 Juli-2 Agustus mendatang. Setelah diserahkan ke KPU, selanjutnya akan dilakukan verifikasi secara administrasi dan faktual.

“Saat ini KPU Kota Jayapura sudah membuka desk informasi terkait besaran dukungan bagi calon perseorangan. Oleh karenanya pihaknya membuka lebar bagi siapapun bakal calon perseorangan yang ingin mengetahui persyaratan dan ingin maju melalui jalur independen,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPC Partai Demokrat Kota Jayapura, Elia Karuri mengaku sudah mengetahui jadwal dan tahapan Pilkada Kota Jayapura. Namun partainya masih menunggu siapa pasangan bakal calon dan wali kota dan wakil wali kota yang ditetapkan partai yang dipimpinnya.

“Kini kita masih menunggu siapa yang ditunjuk menjadi calon Wali Kota dan Wakil Walikota dari Demokrat, tunggu saja ya,” ujarnya (*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Syarat Calon Perseorangan Kota Jayapura, 29.285 KTP