Operasi “Cipta Kondisi” Sasar Penjual Miras

share on:
Ilustrasi - manadotoday.co.id
Ilustrasi – manadotoday.co.id

Gorontalo, Jubi – Kepolisian Daerah (Polda) Gorontalo serta jajaran Polres tingkat kabupaten/kota menggelar operasi “Cipta Kondisi”, dengan sasaran untuk mengantisipasi dan menindak peredaran dan penggunaan minuman keras (miras) yang beroperasi di daerah itu.

Bagi kepolisian bahwa minuman keras merupakan titik persoalan yang banyak memicu terjadinya tindak kriminalitas di tengah masyarakat.

Kepala Bidang Humas Polda Gorontalo, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Bagus Santoso, Kamis (25/6/2016) mengatakan, khusus masalah peredaran minuman keras, Polda Gorontalo telah melakukan operasi secara rutin di daerah perbatasan antara Sulawesi Utara (Sulut) dan Gorontalo.

“Banyak tangkapan minuman keras miras yang kami dapatkan dari perbatasan wilayah Sulut dan Gorontalo, karena pasokan minuman alkohol jenis “cap tikus” itu sebagian dipasok dari Sulawesi Utara,” katanya.

Selain itu kepolisian juga telah melakukan pemusnahan pabrik minuman keras tradisional di wilayah hukum Polda Gorontalo, seperti di Kabupaten Bone Bolango.

Menurutnya, dampak negatif dari penyalahgunaan minuman keras ini adalah timbulnya kasus-kasus yang meresahkan masyarakat seperti penganiayaan, pelecehan seksual dan kasus kriminalitas lainnya.

“Sejak dimulainya Operasi Cipta Kondisi pada 19 Mei 2016, Polda Gorontalo dan Polres jajaran telah menyita ratusan botol minuman keras dari sejumlah warung penjual ilegal,” ungkap Kabid.

Bagi masyarakat yang menjual minuman keras akan dilakukan tindakan hukum serta barang itu akan disita sebagai barang bukti.

“Polda Gorontalo akan terus melakukan tindakan tegas dalam rangka memberikan efek jera kepada para pengguna minuman keras serta penjual hingga distributor,” tutupnya.

Operasi cipta kondisi dilaksanakan telah dimulai sejak 19 Mei hingga 29 Juni 2016. Selain menindak dan mencegah peredaran minuman keras, juga untuk langkah antisipasi terjadinya gangguan kamtibmas.(*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Operasi “Cipta Kondisi” Sasar Penjual Miras