Kota Jayapura Terima Siswa Baru Melalui Online

share on:
Kepala Dinas Pendidikan Kota Jayapura I Wayan Mudiyasa - Jubi/Dok
Kepala Dinas Pendidikan Kota Jayapura I Wayan Mudiyasa – Jubi/Dok

Jayapura, Jubi – Dinas Pendidikan Kota Jayapura bersama instansi terkait menyepakati penerimaan peserta didik baru atau siswa baru di daerah itu melalui sistem dalam jaringan (daring) atau online mulai 4 Juni 2016.

“Kami sudah menggelar rapat kerja bersama instansi teknis dan Dinas Pendidikan Kota Jayapura, tahun ini penerima siswa didik baru di setiap sekolah secara online,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Jayapura, I Wayan Mudiyasa kepada Antara di Jayapura, Kamis (26/5/2016).

Mudiyasa mengatakan, rapat kerja Dinas Pendidikan Kota Jayapura bersama instansi terkait untuk membahas pendaftaran secara online berlangsung sejak Rabu (25/5/2016).

Menurut dia, penerapan pendaftaran siswa secara online otomatis mengurangi calo-calo di setiap sekolah.

“Yang dimaksud dengan penerimaan siswa baru secara gratis ini akan berlangsung, online berarti kan otomatis gratis, tidak mengeluarkan biaya satu sen pun dalam rangka mendaftar di sekolah itu,” ujarnya.

Lanjut dia, mengambil map dan mengambil formulir di sekolah secara otomatis sudah tidak ada atau sudah tidak berlaku lagi.

“Nah, yang berikut ada standar pembiayaan yang disebut dengan pembiayaan operasional itu juga didanai oleh diri siswa itu sendiri, sebagai contoh membeli baju seragam, kemudian membeli buku sendiri, itu kan harus oleh anak itu sendiri, nah itu tidak boleh digratiskan,” ujarnya.

Sedangkan, kata dia, yang dimaksud gratis adalah pembiayaan investasi untuk sumbangan-sumbangan sekolah, nah ini yang diperhatikan kedepan.

“Nah, setelah masuk sekolah, sebulan sekolah itu silakan nanti komite sekolah yang mengatur itu, tetapi pada saat Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), itu kami serokan untuk pungutan-pungutan sekolah dari jenjang SD sampai SMA/SMK,” ujarnya.

Sehingga secara serentak setelah penerimaan peserta didik baru ditanggal 4 Juni 2016 itu secara serentak SD, SMP, dan SMA/SMK online, dengan demikian tidak ada pungutan-pungutan di sekolah.

“Saya jamin karena karena kami sudah ketemu dengan para kepala sekolah, dan dalam waktu dekat juga kami akan bertemu dengan para kepala sekolah di jenjang SD,SMP, serta SMA/SMK untuk mengatur bagaimana strategi untuk menerima peserta didik baru tahun ajaran 2016-2017,” katanya. (*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Kota Jayapura Terima Siswa Baru Melalui Online