Nasib 5 Kapal Asing Milik PT Sino Tunggu Putusan Kasasi MA

share on:
Lima kapal milik PT Sino yang berlabu di Pelabuhan Perikanan Merauke, Jubi/Frans L Kobun
Lima kapal milik PT Sino yang berlabu di Pelabuhan Perikanan Merauke, Jubi/Frans L Kobun

Merauke, Jubi – Lima kapal asing milik PT Sino yakni Sino 16,17,18,28 dan 29 yang diamankan dan kini sedang berlabuh di Pelabuhan Perikanan Merauke. PT Sino masih mengajukan kasasi, setelah Pengadilan Negeri (PN) Merauke serta Pengadilan Tinggi (PT) Jayapura, memerintahkan agar barang bukti kapal itu dimusnahkan.

Kepala Satker Pengawasan Sumber Daya Kelautan Perikanan (SDKP) Perwakilan Merauke, Hermin Salurante kepada Jubi di ruang kerjanya Kamis (26/5/2016) mengatakan, pihaknya belum mendapatkan informasi   terkait putusan dari MA, setelah adanya kasasi dari pengacara PT Sino.

“Saya juga ditanyakan oleh Satgas dari Pusat apakah sudah ada putusan MA. Namun, telah diberikan jawaban jika belum. Tentunya kalau sudah, akan diambil langkah lebih lanjut,” tuturnya.

Hermin menjelaskan, saat proses persidangan di PN Merauke, majelis hakim memerintahkan agar barang bukti lima unit kapal di rampas dan dimusnahkan. Begitu juga barang bukti lain berupa ikan sebanyak 300-an ton, dilelang. Hasilnya, uang sejumlah Rp 6,7 miliar, diamankan sementara waktu.

Ditanya jika Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Susi Pujiastuti akan ke Merauke, Hermin mengaku belum tahu. “Memang ada informasi yang kita dengar seperti begitu. Tetapi kepastiannya belum diketahui dan tentu ini yang lebih mengetahui adalah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Merauke,” tuturnya.

Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Merauke, Martha Bayu beberapa waktu lalu mengakui lima kapal tersebut masih diamankan dan tetap berlabu di Pelabuhan Perikanan Merauke. Karena proses hukum masih berjalan.

“Ya, kelima kapal masih ada dan tetap berlabu di pelabuhan. Untuk langkah selanjutnya adalah kewenangan dari pemerintah pusat. Kita tunggu saja setelah sudah berkekuatan hukum tetap,” katanya. (*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Nasib 5 Kapal Asing Milik PT Sino Tunggu Putusan Kasasi MA