Sejumlah Kendaraan di Dogiyai Ditertibkan

share on:
Pelaksana tugas Bupati Dogiyai, Herman Auwe (pegang megafon) ketika menertibkan sejumlah kendaraan di terminal lama, Tokapo, Dogiyai, Kamis (26/5/2016) – Jubi/Agus Tebai
Pelaksana tugas Bupati Dogiyai, Herman Auwe (pegang megafon) ketika menertibkan sejumlah kendaraan di terminal lama, Tokapo, Dogiyai, Kamis (26/5/2016) – Jubi/Agus Tebai

Dogiyai, Jubi – Pemerintah Kabupaten Dogiyai menertibkan sejumlah kendaraan, baik roda dua, maupun roda empat di terminal lama agar pindah di pasar Baru di Takopo, Ekemani.

Penertiban ini dilakukan dalam rangka mendukung kebersihan, ketenteraman dan kenyamanan bagi mama-mama yang selama ini berjualan di pinggir jalan.

Pelaksana tugas Bupati Dogiyai, Herman Auwe mengatakan jika kendaraan itu tetap parkir di sekitar terminal dan jalan utama Nabire – Ilaga bakal mengganggu kenyamanan dan polusi.

“Kalau masih saja parkir di pinggir jalan akan mengganggu lalu lintas jalan. Ini akan berdampak pada kesehatan,” katanya di Moanemani, Kamis (26/5/2016).

Plt. Kepala Dinas Perdagangan, Industri dan Koperasi Dogiyai Adreas Gobai mengatakan penertiban itu sudah menjadi tugas pemerintah.

“Tugas kami pemerintah mengatur sehinga kita mulai bicara dari hati ke hati supaya pasar baru di Tokapo bisa beroperasi dengan baik. Yang paling penting adalah bagaimana mama – mama berjualan dengan baik di pasar baru,” kata Andreas.

Maka dari itu, ia meminta kepada kepala distrik, kampung, tokoh masyarakat dan tokoh adat serta semua pihak agar mendukung penertiban tersebut.

“Kalau tanpa dukungan semua elemen masyarakat pasar di kali Tokapo tidak beroperasi baik. Sekali lagi, kami minta dukungan masyarakat,” pinta mantan Ketua Aliansi Mahasiswa Papua se-Pegunungan Tengah Papua ini.

Ketua Komisi B DPRD Dogiyai, Yani Bobi mengatakan pemindahan dan penertiban sejumlah kendaraan merupakan kemauan mama-mama yang harus dihargai.

“Kalau mama-mama masih berjualan di pasar lama, ya kita harus siapkan pasar di situ. Ini kan kemauan mama-mama. Jadi, harus didengar,” kata Yani.

Mama pedagang Dogiyai, Yosepina Iyai mengatakan, “Lebih bagus kita jualan saja di sini, apalagi pembelinya di sini banyak.” (Agus Tebai)

 

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Sejumlah Kendaraan di Dogiyai Ditertibkan