Wawancara dengan Emele Duituturaga : Saya Serahkan Laporan HAM Papua pada Sekjen PBB

share on:
Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon menerima laporan pelanggaran HAM Papua dari Ketua Asosiasi LSM Kepulauan Pasifik (PIANGO), Emele Duituturaga di Istanbul, Turki, 24 Mei 2016. (IST)
Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon menerima laporan pelanggaran HAM Papua dari Ketua Asosiasi LSM Kepulauan Pasifik (PIANGO), Emele Duituturaga di Istanbul, Turki, 24 Mei 2016. (IST)

Jayapura, Jubi – Beberapa media di kawasan Pasifik sejak dua hari lalu memberitakan pertemuan Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa, Ban Ki-moon dengan Direktris Pacific Islands Association for Non-Governmental Organisations/PIANGO, Emele Duituturaga. Disebutkan, dalam pertemuan ini Emele Duituturaga menyerahkan laporan tentang situasi Hak Asasi Manusia di Papua kepada Ban Ki-Moon.

Berita pertemuan ini kemudian dibagikan di media sosial. Tempo.co juga menyiarkan ulang berita ini dalam bahasa Indonesia.

Berikut wawancara Jubi dengan Emele yang berada di Suva, Fiji, untuk mengkonfirmasi pertemuan antara dirinya dengan Ban Ki-moon. Wawancara ini dilakukan melalui sambungan telepon, Kamis (26/5/2016) malam.

Victor Mambor (VM) : Saya ingin mengkonfirmasi tentang foto dan berita yang beredar di media mainstream maupun media sosial yang menunjukkan anda bertemu dengan Ban Ki-moon. Apakah itu benar?

Emele Duituturaga (ED) : Ya. Itu benar.

VM : Kapan dan dimana?

ED : Saya bertemu dengan Ban Ki-moon dalam World Humanitarian Summit di Istanbul, 23-24 Mei.

VM : Benarkan anda menyerahkan laporan tentang situasi Hak Asasi Manusia di Papua?

ED : Saya Serahkan Laporan Hak Asasi Manusia Papua pada Ban Ki-moon. Saya berbicara pada satu sesi yang sama dengannya. Jadi saya punya kesempatan untuk memberikan laporan “We will Lose Everything”, laporan Hak Asasi Manusia yang dilakukan oleh misi pencari fakta Komisi Perdamaian dan Keadilan Katolik, Brisbane kepada Ban Ki-moon.

VM : Apa saja yang anda bicarakan?

ED : Saya hanya bicara sebentar dengan Ban Ki-Moon. Saya sampaikan tentang situasi Hak Asasi Manusia di Papua.

VM : Apakah laporan itu diterima oleh Ban Ki-moon?

ED : Laporan itu diterima oleh Ban Ki-moon dan dibawa oleh asistennya. Mungkin karena alasan keamanan.

VM : Ada laporan lain yang anda sampaikan dalam forum tersebut?

ED : Laporan yang sama saya berikan kepada Helen Clark, Direktur UNDP (United Nation Development Programme) dan Stephen O’Brien, Wakil Sekretaris Jenderal untuk Bantuan Kemanusiaan. Selain laporan Komisi Perdamaian dan Keadilan Katolik, Brisbane itu, saya juga serahkan laporan dari International Coalition of Papua.

VM : Terima Kasih (*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Wawancara dengan Emele Duituturaga : Saya Serahkan Laporan HAM Papua pada Sekjen PBB