BMP di Wamena Demo Tolak KNPB dan ULMWP

share on:
Demo Barisan Merah Putih Jayawijaya di depan Kantor Bupati Jayawijaya – Jubi/Islami
Demo Barisan Merah Putih Jayawijaya di depan Kantor Bupati Jayawijaya – Jubi/Islami

Wamena, Jubi – Barisan Merah Putih (BMP) Kabupaten Jayawijaya menggelar demo untuk menolak Komite Nasional Papua Barat (KNPB) dan United Liberation Movement for West Papua (ULMWP).

Demo di depan kantor bupati Jayawijaya, Wamena, Jumat (27/5/2016) itu dipimpin Koordinator BMP Pegunungan Tengah Papua, Salmon Walilo.

Koordinator aksi lapangan, Alex Logo membacakan surat pernyataan bersama BMP mengatakan “KNPB dan UMLWP stop tipu rakyat Papua karena kami sudah merdeka. Kamu hanya menambah penderitaan saja. Jadi, kami minta pemerintah dengan tegas membubarkan KNPB dan ULMWP serta aparat keamanan wajib menangkap mereka jika mereka melakukan aksi, karena masyarakat menolak dengan tegas KNPB dan ULMWP yang hanya membuat keonaran di Provinsi Papua karena kami ingin kedamaian dan pembangunan di Papua.”

Mereka juga membakar secarik kain yang menyerupai bendera motif bintang kejora dan bendera KNPB.

Salmon Walilo mengatakan, aksi dan perjuangan yang dilakukan BMP merupakan kegiatan swadaya yang timbul dari hati nurani BMP.

Kapolres Jayawijaya, AKBP Yan Pieter Reba saat ditemui wartawan di ruang kerjanya menjelaskan, demo tersebut tak memiliki surat izin dari Polres Jayawijaya sehingga dibubarkan.

Ketua Komisi A DPRD Jayawijaya, Herman Pabika mengatakan aksi seperti itu harus mendapatkan izin dari kepolisian setempat.

“Mereka ini tidak boleh sewenang-wenang melakukan aksi sesuka mereka,” kata Herman.

“Ini kenapa, mereka lakukan aksi tanpa surat izin dan tidak ada pengawalan dari pihak keamanan dalam hal ini kepolisian, ini hal patut dipertanyakan,” lanjutnya.

Sekretaris PRD Lapago, Tuki Hilapok meminta agar orang Papua tidak berkecil hati terhadap pembakaran kain yang menyerupai bintang kejora itu.

Ia bahkan menuding aksi itu didukung pihak tertentu yang lebih kuat.

Pihaknya pada 31 Mei nanti menggelar demo untuk mendukung ULMWP masuk anggota tetap MSG dan bebaskan tahanan politik, termasuk Stevanus Itlay di Timika dan Eleks Nekenem di Manokwari. (*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  BMP di Wamena Demo Tolak KNPB dan ULMWP