KKP: 80 Persen Anggaran untuk Pemangku Kepentingan

share on:
Ilustrasi Menteri Susi - kastaranews.com
Ilustrasi Menteri Susi – kastaranews.com

Jakarta, Jubi – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bakal menyalurkan 80 persen anggarannya untuk pemangku kepentingan di berbagai kalangan masyarakat sebagai upaya mengembangkan sektor kelautan dan perikanan di Tanah Air.

“KKP memberikan porsi 80 persen anggarannya untuk kepentingan ‘stakeholders’ (pemangku kepentingan),” kata Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti di Jakarta, Senin (30/5/2016).

Menurut dia, kebijakan reformasi penganggaran sudah dilakukan instansi kementerian yang dipimpinnya sejak tahun 2016 ini, sehingga bantuan ke masyarakat juga diharapkan semestinya lebih efisien dan efektif.

“KKP sebagai agent of change, inisiatif membuat perubahan untuk penggunaan APBN yang transparan dan sesuai dengan pemanfaatannya. Kita harus menjalankan amanah pembelanjaan uang negara,” kata Susi Pudjiastuti.

Menteri Susi juga menjelaskan bahwa kunci peningkatan ekonomi kelautan ada di tangan para pegawai KKP. Dengan pemanfaatan APBN yang transparan dan sesuai dengan kebutuhan maka dinilai dapat membantu ekonomi kelautan menjadi lebih baik.

Dia menginginkan KKP harus mewujudkan program yang lebih nyata dan konkret, serta tingkat harga-harga yang dimasukkan dalam APBN diharapkan lebih wajar, umum, dan benar. “Kita tidak boleh asal menghabiskan anggaran. Tidak boleh ada kebocoran dan mark up,” kata Menteri.

Sebelumnya, Koalisi Rakyat untuk Keadilan Perikanan (Kiara) mengingatkan agar pelaksanaan rencana efisiensi anggaran Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang diusulkan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti tidak diterapkan secara keliru.

“Salah potong (anggaran untuk diefisienkan) akan berdampak besar terhadap upaya menyejahterakan masyarakat pesisir,” kata Sekretaris Jenderal Kiara, Abdul Halim, kepada Antara di Jakarta, Selasa (1/3).

Dia mengingatkan bahwa anggaran KKP pada 2016 jangan sampai mengurangi jatah program pemberdayaan, karena dampaknya akan sangat dirasakan oleh nelayan dan pembudidaya ikan di berbagai daerah.(*)

Editor : Zely Ariane
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  KKP: 80 Persen Anggaran untuk Pemangku Kepentingan