Operasi Patuh di Malut Catat 3.482 Pelanggaran

share on:
Ilustrasi - ntmcpolri.info
Ilustrasi – ntmcpolri.info

Ternate, Jubi – Kepolisian Daerah (Polda) Provinsi Maluku Utara (Malut) mencatat sedikitnya 3.482 pelanggaran lalulintas selama pelaksanaan Operasi Patuh 2016.

“Jenis pelanggaran yang dilakukan pengendara roda dua maupun roda empat yaitu tidak memakai helm, surat-surat tidak lengkap, menerobos rambu lalu lintas, melawan arus, dan kelengkapan kendaraan,” kata Kabid Humas Polda Malut, AKBP Hendry Badar di Ternate, Senin.

Dia menjelaskan, 3.482 pelanggaran itu berbuah tilang sebanyak 2.662 dan teguran sebanyak 820. Kendaraan yang terjaring sebanyak 2.576, terdiri dari sepeda motor (2.370) dan mobil (206).

“Dibandingan data tahun 2015, jumlah pelanggaran tahun ini meningkat. Ini butuh kesadaran dari masyarakat khususnya para pengendara sepeda motor dan mobil untuk tertib berlalu lintas,” ujarnya.

Hendry Badar menambahkan, dalam operasi ini pihaknya melakukan penilangan disertai dengan imbauan kepada pengendara, baik di jalan raya maupun di pangkalan-pangkalan ojek.

Menurut dia, jika operasi seperti ini dilakukan secara terus menerus, otomatis angka kecelakaan lalulintas (Lakalantas) akan turun.

Operasi Patuh 2016 digelar secara serentak di seluruh Indonesia selama 14 hari, mulai 16-29 Mei. (*)

Editor : Zely Ariane
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Operasi Patuh di Malut Catat 3.482 Pelanggaran