Dinkes Situbondo Libatkan Mahasiswi Pendamping Ibu Hamil

share on:
Pendamping Ibu hamil dalam program dompet dhuafa - jateng.dompetdhuafa.org
Pendamping Ibu hamil dalam program dompet dhuafa – jateng.dompetdhuafa.org

Situbondo, Jubi – Dinas Kesehatan Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, melibatkan mahasiswi akademi kebidanan untuk membantu petugas memberikan pendampingan kepada ibu hamil guna menekan angka kematian ibu melahirkan.

“Untuk sementara kami melibatkan sekitar 100 mahasiswi Situbondo dari Universitas Ibrohimy Pondok Pesantren Salafiyah Syafiiyah Sukorejo, Kecamatan Banyuputih, untuk pendampingan ibu hamil karena sangat pas dengan program kami,” ujar Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Situbondo Abu Bakar Abdi di Situbondo, Rabu (1/6/2016)

Ia mengemukakan ratusan mahasiswi itu disebar di 17 kecamatan di Situbondo untuk melakukan pendampingan pada setiap ibu hamil. Selain itu nantinya mereka akan dibantu oleh para kader pos pelayanan terpadu (posyandu).

Dengan melibatkan mahasiswi dalam program pendampingan ibu hamil diharapkan para mahasiswi akademi kebidanan itu nantinya juga bisa belajar langsung cara-cara mendampingi ibu hamil tahap demi tahap serta membantu bidan dan kader yang bertugas, katanya.

“Mahasiswi yang kami libatkan juga dapat belajar mulai dari resiko ibu hamil hingga perencanaan persalinan dan persiapan persalinan. Tugas mahasiswi itu terus melaporkan perkembangan ibu hamil yang didampinginya melalui bidan koordinator masing-masing wilayah dan selanjutnya bidan menyampaikan ke Dinas Kesehatan,” katanya.

Abu Bakar menjelaskan keterlibatan mahasiswi mendampingi ibu hamil tersebut, tentunya dapat membantu tugas semua bidan dan kader posyandu dalam rangka menekan angka kematian ibu melahirkan.

Dari catatan Dinas Kesehatan Kabupaten Situbondo, pada 2012 angka kematian ibu (AKI) melahirkan berjumlah 19 orang, pada 2013 menurun menjadi 17 orang dan pada 2014 bertahan 17 orang. Sementara pada 2015 kembali menurun menjadi 13 orang dari jumlah ibu melahirkan hidup atau selamat sebanyak 9.435 orang.(*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Dinkes Situbondo Libatkan Mahasiswi Pendamping Ibu Hamil