PBB: Ribuan Orang Selamatkan Diri dari Fallujah

share on:
Warga Fallujah, tak jauh dari Baghdad Irak, berjuang agar selamat di bawah kekuasaan ISIS, ilustrasi - relevantmagazine.com
Warga Fallujah, tak jauh dari Baghdad Irak, berjuang agar selamat di bawah kekuasaan ISIS, ilustrasi – relevantmagazine.com

PBB, New York, Jubi – Hampir 3.700 orang, atau 624 keluarga, telah meninggalkan Fallujah selama satu pekan terakhir di tengah serangan baru oleh pasukan Irak untuk merebut kembali kota yang terkepung dari cengkeraman IS itu, demikian PBB pada Selasa (31/5/2016).

Menurut data yang diberikan pihak berwenang, sebanyak 1.300 di antara mereka tetap tinggal di kamp Al-Irak di Kabupaten Ameriyyah Al-Fallujah, tempat Kantor Komisariat Tinggi PBB Urusan Pengungsi (UNHCR) beroperasi untuk menyediakan bantuan.

Pengungsi lain tersebar di salah satu dari beberapa kamp yang dikelola pemerintah di daerah tersebut atau tinggal bersama kerabat mereka.

Pasukan Irak membantu mengangkut keluarga yang menyelamatkan diri dari kota itu, dan telah menyediakan saluran khusus guna memberi keterangan kepada orang yang ingin pergi, demikian keterangan beberapa pejabat PBB, sebagaimana diberitakan Xinhua–yang dipantau Rabu pagi (1/6/2016).

Para pejabat PBB juga menyatakan 500 lelaki dan anak lelaki yang berusia di atas 12 tahun ditahan untuk menjalani pemeriksaan keamanan, yang berlangsung selama lima sampai tujuh hari.

Sebanyak 27 lelaki dibebaskan pada Senin (30/5).

Sementara itu koordinator kemanusiaan PBB untuk Irak, kemarin melaporkan tak kurang dari 50.000 warga sipil terjebak di dalam Kota Fallujah. Mereka terancam dijadikan “tameng manusia” oleh kelompok gerilyawan garis keras yang dikenal dengan nama Da’esh.

Dalam peristiwa lain, pasukan keamanan Kurdi, Peshmerga, melancarkan serangan untuk membebaskan beberapa desa dari pasukan IS di sebelah timur Kota Mosul, Irak Utara.

Pasukan keamanan pemerintah juga mematahkan serangan ISIS di bagian barat negeri tersebut, kata beberapa sumber keamanan.

Anggota Peshmerga dan kendaraan lapis baja mereka berhasil memasuki Desa Muftia dan Zahra Khaton, setelah mengusir pasukan ISIS, sementara bentrokan berlanjut di sekitar desa lain, demikian menurut sumber  setempat tanpa memberi perincian mengenai korban jiwa.(*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  PBB: Ribuan Orang Selamatkan Diri dari Fallujah