Ruang Tunggu Terbatas, Pasien Puskesmas Sentani Menunggu di Luar

share on:
Kepala Puskesmas Sentani, dr. Dian Gritnowati ketika diwawancarai di Sentani - Jubi/Engel
Kepala Puskesmas Sentani, dr. Dian Gritnowati ketika diwawancarai di Sentani – Jubi/Engel

Sentani, Jubi – Pusat Kesehatan Masyarakat  (Puskesmas) Sentani kini sudah menambah waktu pelayanan bagi masyarakat hingga sore hari, namun kondisi bangunan yang tidak mengalami perubahan mengakibatkan Puskesmas tidak mampu menampung pasien yang datang berobat.

“Kasihan kalau pasiennya harus menunggu di luar dari pagi sampai siang baru menerima layanan kesehatan dari para petugas. Padahal mereka dalam kondisi sakit,” jelas Daniel salah satu warga masyarakat yang membawa anaknya berobat di Puskesmas itu, Rabu (1/6/2016).

Kondisi bangunan Puskesmas yang sudah berdiri sejak puluhan tahun lalu, nyaris tidak ada perubahan sama sekali, Sementara jam pelayanan yang ditambah, mengakibatkan jumlah pasien yang berobat juga bertambah.

“Sudah waktunya Puskesmas ini direnovasi, supaya dapat menampung pasien yang jumlahnya terus bertambah,” katanya.

Menurutnya, penggunaan dana otsus untuk kesehatan sebaiknya dipergunakan untuk hal-hal seperti itu. “Selama ini dana Otsus itu ditaruh dimana sampai pelayanan kesehatan di sini seperti tidak maksimal sekali,” katanya kesal.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Sentani, dr. Dian Gritnowati saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya terkait kondisi ruang tunggu Pusesmas yang sudah tidak memadai, mengaku pihaknya sudah berupaya meningkatkan pelayanan kesehatan. Pada tahun ini Puskesmas Sentani telah menambah jam pelayanan hingga sore hari.

“Kita berharap penambahan jam kerja dapat memaksimalkan pelayanan terhadap masyarakat yang datang berobat. Sayangnya untuk program fisik bukan kewenangan kami, semuanya ada di Dinas Kesehatan dan hal ini sudah pernah kami koordinasikan,” katanya.

Ia mengakui kondisi fisik bangunan yang ada saat ini memang sangat susah untuk melayani jumlah pasien yang setiap hari terus bertambah. (*)

 

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Ruang Tunggu Terbatas, Pasien Puskesmas Sentani Menunggu di Luar