Samoa Rayakan 54 Tahun Kemerdekaan

share on:
Samoa merayakan 54 tahun kemerdekaan - RNZI/Autagavaia Tipi Autagavaia
Samoa merayakan 54 tahun kemerdekaan – RNZI/Autagavaia Tipi Autagavaia

Jayapura, Jubi – Samoa merayakan 54 tahun kemerdekaan negaranya dari Selandia Baru pada Rabu (1/6), yang telah memerintah selama 50 tahun.

Setelah enam dekade pemerintahan kolonial pertama oleh Jerman dan kemudian Selandia Baru, Samoa merdeka pada tahun 1962.

Presiden Polinesia Prancis, Gubernur Samoa Amerika, dan Ulu o Tokelau adalah beberapa pejabat luar negeri yang diundang untuk menghadiri perayaan tersebut bersama dengan anggota korps diplomatik.

Perayaan kemerdekaan Samoa tahun ini diadakan di lapangan hoki di kompleks Olahraga Faleata dan bukan di rumah adat Malae Tiafau di Mulinuu seperti perayaan sebelumnya. Hal ini disebabkan karena rumah adat tersebut sedang menjalani pekerjaan konstruksi untuk rumah Parlemen baru.

Sekelompok penghibur dari desa Leone di Samoa Amerika menjadi salah satu pengisi acara yang menampilkan tarian dan lagu-lagu tradisional di acara tersebut. Kelompok penghibur lain adalah para tahanan yang baru saja menjalani hukuman.

Perayaan kemerdekaan itu juga akan ditandai dengan libur nasional pada Kamis dan dilanjutkan dengan libur kerja bagi pegawai negeri Samoa pada hari Jumat. (*)

Tags:
Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Samoa Rayakan 54 Tahun Kemerdekaan