Kapan Anak Papua Latih Persipura?

share on:
Lukas Rumkabu (tengah) Bersama Patrick Wanggai (kanan) dan Izack Wanggai (kiri) – IST
Lukas Rumkabu (tengah) Bersama Patrick Wanggai (kanan) dan Izack Wanggai (kiri) – IST

Jayapura, Jubi – Mantan pemain Persipura dan Persidafon Dafonsoro, Lukas Rumkabu berharap suatu saat nanti, pasukan ‘Mutiara Hitam’ dari Timur bisa ditukangi pelatih anak Papua.

Ia mengatakan, suatu kebanggaan tersendiri kepada masyarakat Papua jika juru taktik Persipura merupakan pelatih asli Papua.

“Ini suatu kebanggaan jika melihat Persipura ditukangi pelatih asli Papua dan pada suatu hari bisa dipercayakan menangangi Timnas. Siap tidak bangga. Tapi kapa itu akan jadi kenyataan,” kata Rumkabu via pesan singkatnya kepada Jubi, Kamis (2/6/2016).

Menurutnya, hanya Persipura yang busa menjadi gerbang atau pintu masuk untuk pelatih asli Papua berkiprah di sepak bola nasional.

“Saya rasa sangat mustahil klub di luar Papua semisal Persib Bandung atau Persija Jakarta akan menggunakan jasa pelatih asli Papua,” ucapnya.

Katanya, selama ini bisa dibilang, Persipura juga merupakan sarana untuk pelatih di luar Papua menuju Timnas Indonesia. Ia mencontohkan, beberapa pelatih yang pernah dipercaya menangani Timnas, sebelumnya berkarir di Persipura. Mereka diantaranya, Rahmad Darmawan dan Ivan Kolev. Kini issu yang sedang hangat, pelatih yang sukses mempersembahkan tiga gelar ISL untuk Persipura, Jacksen F Tiago disebut-sebut berpeluang menangi Timnas Indonesia.

“Saya berharap, hal itu juga bisa terjadi pada pelatih asli Papua dikemudian hari. Papua punya potensi untuk itu,” katanya.

Mantan pemain Persipura era 80an, Nico Dimo juga menyatakan kini ada beberapa nama pelatih asli Papua yang memiliki kualitas untuk melatih tim sekelas Persipura.

“Saya rasa Nando Fairyo, Metu Dwaramuri dan Christ Yarangga adalah deretan pelatih lokal yang punya potensi. Tinggal bagaimana kedepan mereka diberi kepercayaan. Tapi tentu dalam menentukan pelatih, semua tergantung kebijakan manajemen. Mereka pasti punya pertimbangan tersendiri,” kata Nico Dimo kepada Jubi beberapa waktu lalu. (*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Kapan Anak Papua Latih Persipura?