Kemenkominfo Bangun Infrastruktur di Papua Hingga 2020

share on:
Direktorat Telekomunikasi Khusus, Penyiaran Publik, dan Kewajiban Universal Kemenkominfo, Dadang Riswanto bersama Kepala Dinas Kominfo Papua, Kansiana Salle - Jubi/Islami
Direktorat Telekomunikasi Khusus, Penyiaran Publik, dan Kewajiban Universal Kemenkominfo, Dadang Riswanto bersama Kepala Dinas Kominfo Papua, Kansiana Salle – Jubi/Islami

Wamena, Jubi – Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) memfokuskan pembangunan infrastruktur telekomunikasi di Papua, khususnya di wilayah perbatasan hingga tahun 2020.

Direktorat Telekomunikasi Khusus, Penyiaran Publik, dan Kewajiban Universal Kemenkominfo, Dadang Riswanto di Wamena, Jayawijaya, Rabu (1/6/2016) mengatakan beberapa kabupaten diakses internet dari program Broadband Desa Terpadu (BDT). Di Papua baru beberapa kabupaten yang sudah dikerjakan.

“Sejak 2015 beberapa permohonan dari kabupaten Merauke, Boven Digoel, Pegunungan Bintang, Biak Numfor, Supiori dan Jayawijaya sudah clear, sedangkan untuk Papua Barat hampir semua sudah,” katanya.

Menurutnya program yang dibangun Kominfo ini merupakan satu program yang lain dari program-program sebelumnya.

Ia mengakui beberapa kepala daerah telah menghadap menteri dengan menandatangani kerja sama dan baru akan dilaksanakan tahun ini. Kemenkominfo pun akan menggenjot pembangunan di Papua yang belum merasakan internet sampai ke kampung.

“Kabupaten dan kota harus mengusulkan terlebih dahulu apa yang diinginkan dalam peningkatan komunikasi dan informatika agar disetujui dan membangunnya karena apa yang diminta itu yang kita bangun,” katanya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Provinsi Papua, Kansina Salle mengatakan, pihaknya mendukung kebijakan pemerintah pusat untuk membangun jaringan fiber optik dan BTS lainnya di wilayah Papua. Namun harus mempunyai lahan yang pasti agar tidak ada permasalahan dengan masyarakat.

Lebih dari itu, menurutnya pembangunan power penting untuk menjalankan sarana prasarana agar ada sinergi antara pemerintah daerah dan pusat.

Sekda Jayawijaya, Yohanes Walilo meminta kepada kabupaten-kabupaten yang mengikuti rapat koordinasi teknis, Rabu (1/6/2016) dengan Kominfo mengusulkan sebanyak-banyaknya pembangunan informasi untuk kemajuan rakyat. (*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Kemenkominfo Bangun Infrastruktur di Papua Hingga 2020