Mantan Walikota Los Angeles Mulai Kampanye Anti-Trump

share on:
Antonio Villaraigosa - lawestmedia.com
Antonio Villaraigosa – lawestmedia.com

Sacramento, Jubi – Mantan Walikota Los Angeles, Antonio Villaraigosa, menyatakan dirinya telah membentuk komite politik dan memulai penggalangan dana untuk menentang kampanye calon Presiden Partai Republik, Donald Trump, di sejumlah negara bagian kunci, terutama yang banyak dihuni imigran latin, Rabu (2/6/2016).

“Saya mencurahkan seluruh tenaga untuk menghentikan Trump sejak saat ini hingga November nanti,” ujar Villaraigosa dalam konferensi ke wartawan via telepon.

Demi menandingi kampanye rasis dan misoginis Trump, komite buatan Villaraigosa, Building Bridges, akan fokus menggalang para imigran untuk melawan kampanye penuh prasangka kandidat Partai Republik itu di California, Arizona, Nevada, dan Florida, pada pemilihan 8 November mendatang.

Sempat menjabat sebagai walikota Los Angeles selama kurun waktu 2005-2013 dari Partai Demokrat, juga bertugas sebagai ketua parlemen Negara Bagian California, Villaraigosa mungkin pemimpin latin yang cukup mumpuni di negara bagian itu.

Ia mengaku akan mempertimbangkan pencalonan gubernur pada 2018 nanti.

Kampanye Anti-Trump merupakan langkah formal pertama dalam sikap politik Villaraigosa menentang kampanye miliarder itu terhadap para imigran.

Minggu lalu, para pendukung Partai Demokrat mengadakan demonstrasi anti-Trump yang melibatkan sekitar 400 orang.

Trump dikenal menempatkan isu imigran ilegal sebagai tema sentral kampanyenya.

Ia dianggap menuduh pemerintah Meksiko telah mengirim para pemerkosa dan penjahat memasuki wilayah AS, sehingga ia mengusulkan perlunya pembangunan dinding di perbatasan AS-Meksiko.

Trump juga mengaku akan membuat moratorium imigran muslim lantaran khawatir terhadap pendatang radikal yang akan berbuat teror.

“Baik Partai Demokrat dan Republik khawatir terhadap prospek pencalonan presiden Trump,” tukas Villaraigosa.

Meski begitu, pihak kampanye Trump tidak lantas bereaksi saat dimintai komentar. (*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Mantan Walikota Los Angeles Mulai Kampanye Anti-Trump