Pemkab Jayapura Jajaki Kerjasama Pendidikan dengan Tiongkok

share on:
Perwakilan Tiongkok ketika tatap muka dengan Bupati Jayapura di Kediaman Bupati –Jubi/Engel Wally
Perwakilan Tiongkok ketika tatap muka dengan Bupati Jayapura di Kediaman Bupati –Jubi/Engel Wally

Sentani, Jubi – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura menjajaki kerja sama dengan negara Tiongkok dalam kerjasama pendidikan. Pemerintah Tiongkok menawarkan diri untuk merekrut sejumlah siswa dari Kabupaten Jayapura untuk menimba ilmu di Negeri Tirai Bambu tersebut.

Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Balai Pendidikan Latihan pada Dinas Pendidikan Kabupaten Jayapura, Eqkhber Kopeuw mengatakan pihaknya akan merekrut sejumlah siswa tamatan SMU dan SMK untuk menempuh pendidikan di Tiongkok, melalui seleksi yang ketat.

“Empat orang sudah kami kirim ke Jerman, saat ini kami mulai bangun kerja sama lagi dengan Pemerintah Tiongkok untuk menyekolahkan anak-anak kita di sana (Tiongkok),” jelas Eqkhber Kopeuw di kediaman Bupati Jayapura usai melakukan pertemuan bersama pihak Pemerintah Tiongkok dan Bupati Jayapura. Kamis (2/6/2016).

Dikatakannya, rencananya siswa yang akan dikirim ke Tiongkok akan mengambil studi jurusan perkapalan, Kereta Api dan teknik sipil.

“Karena pada November sistem pendidikan di sana akan berlangsung, seleksi akan dilakukan dalam waktu dekat,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Jayapura, Matius Awoitau mengatakan dirinya menginginkan kerjasama yang saling menguntungkan antara Pemkab Jayapura dan Pemerintah Tiongkok.

“Hal serupa sudah kami lakukan di Negara Jerman, Australia, dan juga Amerika,” kata Bupati. (*)

 

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Pemkab Jayapura Jajaki Kerjasama Pendidikan dengan Tiongkok