Sekitar 50 Persen Puskud Tidak Aktif

share on:
Ilustrasi aktivitas koperasi - koperasisejahteraabadi.com
Ilustrasi aktivitas koperasi – koperasisejahteraabadi.com

Palu, Jubi – Ketua Pusat Koperasi unit Desa (Puskud) Sulawesi Tengah, Amin Badawi, mengatakan hampir 50 persen anggota Puskud tidak aktif lagi dan keberadaan mereka sudah tidak diketahui lagi.

“Dari 152 anggota Puskud se-Sulawesi Tengah yang terdaftar, tinggal 80 KUD yang mengikuti rapat anggota luar biasa. Yang lain tidak jelas keberadaannya,” kata Amin Badawi di Palu, Kamis (2/6/2016), menanggapi eksistensi KUD di daerah setempat.

Amin yang baru terpilih menjadi Ketua Puskud Sulawesi Tengah pada 4 April 2016 itu mengatakan dengan banyaknya anggota yang tidak jelas lagi keberadaannya menjadi tantangan bagi Puskud untuk mengidentifikasi kembali seluruh KUD yang pernah terdaftar di Puskud.

“Mereka itu pernah jaya dan berkontribusi besar dalam membangun perekonomian Sulawesi Tengah,” katanya.

Menurut Amin, berdasarkan fakta hanya 80 KUD yang memberikan hak suara pada RAT April 2016, menunjukkan hanya 80 KUD yang aktif.

Dan kepengurusan Puskud periode 2016-2020 salah satu tugas pokok dan cukup berat adalah menghidupkan kembali KUD yang masih berpotensi untuk dihidupkan.

“Yang tidak ada lagi dihapus dari daftar kalau memang tidak bisa lagi dihidupkan. Tapi kewajiban kita menghidupkan koperasi itu,” katanya.(*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Sekitar 50 Persen Puskud Tidak Aktif