Bupati Belu: Kelola Potensi Setempat, Jangan Lagi Kerja ke Luar Daerah

share on:
Ilustrasi 89 Tenaga Kerja AKAD Asal Belu Dipulangkan dari Kalimantan Tengah - kilastimor.com
Ilustrasi 89 Tenaga Kerja AKAD Asal Belu Dipulangkan dari Kalimantan Tengah – kilastimor.com

Kupang, Jubi – Pemerintah Daerah Kabupaten Belu memprogramkan membangun balai latihan bagi warga setempat untuk menambah wawasan cara bercocok tanam yang baik.

“Banyak warga kami yang pergi meninggalkan daerah ini untuk mencari kerja dan menjadi tenaga kerja di daerah lain, padahal daerah kita ini berpotensi untuk digarap dan bisa menghasilkan,” kata Bupati Belu Willy Lay saat dihubungi dari Kupang, Jumat (3/6/2016).

Hal ini disampaikannya berkaitan dengan banyaknya warga yang bekerja di Palangkaraya, Kalimantan Tengah, yang dipulangkan begitu saja oleh salah satu perusahaan kelapa sawit di daerah tersebut dengan tidak memberikan pasangon.

Ia menjelaskan kurang lebih 89 pekerja asal Belu tiba di Belu pada Rabu (1/6) malam.

“Terdapat 89 anak-anak dan 57 orang dewasa. Semuanya tiba di Belu dengan selamat dan kita akan memberikan perhatian khusus kepada para pekerja di daerah ini,” ujarnya.

Menurutnya warga Belu tidak perlu lagi bekerja di luar, lahan yang luas di Belu dan potensi yang dimiliki oleh daerah tersebut sudah cukup untuk digarap demi kebutuhan hidup masyarakat di daerah tersebut.

Untuk itu ia meminta kepada setiap kepala desa untuk mendata dan memperhatikan warganya dan memastikan keluarnya warga dari Belu bukan untuk bekerja di luar daerah.

Bahkan dia juga meminta warga di Belu untuk tidak tertipu dengan bujuk rayuan dari para calo yang menjanjikan kehidupan yang layak bagi para pekerja.

“Sudah banyak kejadian warga kita meninggal di luar negeri, dan saat dipulangkan justru dengan kondisi yang mengenaskan. Contoh kasus meninggalnya salah satu pekerja asal Timor Tengah Selatan yang saat tiba di rumahnya seluruh organ tubuhnya telah hilang,” tambahnya lagi.(*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Bupati Belu: Kelola Potensi Setempat, Jangan Lagi Kerja ke Luar Daerah