Serangan Cyber ke Indonesia Meningkat Pesat

share on:
Ilustrasi - eubulletin.com
Ilustrasi – eubulletin.com

Jakarta, Jubi – Serangan cyber terhadap sistem Teknologi Informasi (TI) Indonesia meningkat pesat dalam beberapa waktu terakhir, mengakibatkan Indonesia masuk daftar negara dalam kondisi darurat “cyber”.

“Setiap hari Indonesia mengalami banyak serangan ‘cyber’ dan kita tidak memiliki pertahanan yang terkoordinasi untuk itu,” kata Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Luhut Panjaitan di Jakarta, Jumat (3/6/2016).

Pihaknya mencatat serangan terhadap sistem TI yang menyebabkan sistem berhenti bekerja, pada 2015 meningkat sebesar 33 persen dibandingkan 2014.

Dari angka itu sebanyak 54,5 persen berupa serangan yang terjadi pada situs terkait sektor bisnis e-commerce.

Oleh karena itu, Indonesia memerlukan sebuah badan yang menangani persoalan siber yakni Badan Cyber Nasional (BCN) sebagai bagian dari kebijakan nasional bidang ketahanan informasi.

“Berbagai polemik muncul terkait butuh atau tidaknya badan baru tersebut,” katanya.

Padahal, pihaknya mencatat Indonesia saat ini menempati peringkat ke-2 sebagai sumber serangan siber dunia dan peringkat ke-1 sebagai negara dengan risiko keamanan akibat serangan siber yang terbesar.

“Yang lebih mengkhawatirkan lagi, pada 2015 terjadi peningkatan kejahatan ‘cyber’ hampir empat kali lipat dibanding 2014. Dan semua itu kejahatan cyber yang dilakukan dari dalam negeri dengan target dalam negeri pula,” ujar Agus.

Agus menjelaskan, penyalahgunaan jaringan untuk kejahatan pada transaksi keuangan sebagian besar berupa pencurian data keuangan dan data “login password”.

“Terdapat pula kasus berupa manipulasi data keuangan terutama yang terkait dengan transaksi elektronik dan penggunaan uang elektronik,” katanya.

Desk Cyberspace Nasional (DCN) Kemenkopolhukam telah melakukan kajian mendalam selama tiga tahun sejak 2013 dari sisi teknis, hukum, dan kelembagaan masing-masing institusi yang mungkin berwenang di wilayah siber tersebut.(*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Serangan Cyber ke Indonesia Meningkat Pesat