Sidak DPRD, Security Bandara Sentani Oknum Militer

share on:
Ketua dan rombongan Komisi A DPRD Kabupaten Jayapura sedang melakukan koordinasi dengan Kepala Bandara Sentani Agus Priyanto. Namun beliau tak ada di tempat – Jubi/Engel Wally
Ketua dan rombongan Komisi A DPRD Kabupaten Jayapura sedang melakukan koordinasi dengan Kepala Bandara Sentani Agus Priyanto. Namun beliau tak ada di tempat – Jubi/Engel Wally

Sentani, Jubi – Komisi A DPRD Kabupaten Jayapura, Papua melakukan inspeksi mendadak (sidak) di bandar udara Sentani, Kamis (2/6/2016).

Dalam sidak tersebut ditemukan petugas keamanan bandara (security) bukan masyarakat sipil, apalagi putra asli Jayapura, tetapi oknum militer.

“Dalam sidak kali ini kami langsung mengunjungi sejumlah tempat di bandara, seperti terminal penumpang dan tempat penampungan barang (kargo). Dari pantauan kami di bandara terbesar ini keamanannya dijaga oleh pihak militer, lebih aneh lagi petugas tersebut berseragam sipil perhubungan,” kata Ketua Komisi A DPRD Jayapura, Hermes Felle ketika ditemui Jubi di bandara Sentani, Kamis siang.

Oleh karena itu, pihaknya dalam waktu dekat memanggil Kepala Bandara Sentani untuk memberikan penjelasan terkait sejumlah keganjilan yang ditemui saat sidak.

“Hal ini juga merupakan kewenangan kita sebagai DPRD karena bandara ini terletak pada administrasi Kabupaten Jayapura,” katanya.

Saat sidak kepala bandara Agus Priyanto tidak berada di bandara sehingga Jubi tak sempat meminta klarifikasi. Sementara petugas bandara lainnya menolak diwawancarai.

Ketua DPRD Jayapura Edison Awoitau mengatakan seharusnya putra asli Kabupaten Jayapura direkrut menjadi petugas keamanan. Ia menyetujui pihak militer menjaga keamanan, tetapi harus bekerja sama dengan masyarakat lokal.

“Dari pantauan kami selama ini memang masih sangat mudah bagi siapa saja untuk terobos masuk di areal bandara yang tidak semestinya dimasuki masyarakat umum selain penumpang. Petugas yang bertugas di sana wajib ada militer yang mengamankan semua aktivitas di bandara, tetapi juga harus merekrut tenaga lokal yang ada,” katanya. (*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Sidak DPRD, Security Bandara Sentani Oknum Militer