115.000 Warga Merauke Telah Miliki e-KTP

share on:
Kepala Dispenduk Merauke, Dominikus Yomkondo. Jubi/Frans L Kobun
Kepala Dispenduk Merauke, Dominikus Yomkondo. Jubi/Frans L Kobun

Merauke, Jubi – Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Merauke, Dominikus Yomkondo mengatakan, berdasarkan data terakhir yang dimiliki, 115.000 masyarakat di Kabupaten Merauke telah memiliki identitas diri berupa e-KTP.

Hal itu diungkapkan Dominikus kepada Jubi di kantornya Jumat (3/6/2016). Dikatakan, target pencapaian dari Capil adalah 183.000 warga yang harus memiliki e-KTP. “Kita sudah mencapai angka tersebut, karena proses perekaman dilakukan hingga sampai ke kampung-kampung yang dilakukan tim khusus,” katanya.

Dijelaskan, masih tersisa sekitar 20.000-an penduduk belum mengurus e-KTP. Pada prinsipnya, dinas siap memberikan pelayanan termasuk perekaman ke kampung mapun distrik kembali. “Kami juga melakukan kerjasama dengan para kepala distrik agar membantu melakukan perekaman jika petugas dari dinas terlambat ke kampung,” katanya.

Sejauh ini, demikian Dominikus, sebagian besar masyarakat Merauke telah memiliki e-KTP. Karena system yang diterapkan adalah cara menjemput bola langsung kepada masyarakat. Dimana, mereka diundang ke kantor kampung sekaligus melakukan perekaman mengisi formulir dan langsung difoto. Selanjutnya data dibawa dan diproses untuk mendapatkan e-KTP.

Saya juga memprediksi banyak warga sudah pindah ke tempat lain, karena begitu didatangi petugas, sudah tidak ada lagi. Sampai sekarang, capil masih memberikan ruang dan kesempatan kepada siapa saja mengurus identitas diri tersebut,” tuturnya.

Salah seorang warga di Kelurahan Samkai, Distrik Merauke, Anita Natan mengaku, dirinya telah memiliki e-KTP seumur hidup. “Saya mengurusnya tidak terlalu lama. Karena begitu perekaman, beberapa hari kemudian, kartunya langsung jadi,” katanya.

Ditambahkan, e-KTP sangat bermanfaat untuk berbagai urusan penting. Sehingga harus dimiliki semua orang. (*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  115.000 Warga Merauke Telah Miliki e-KTP