PBB: Perburuan, Pembalakan, Tambang Liar Hasilkan 258 Miliar Dolar AS

share on:
Penambang ilegal, setelah keluar dari lubang bawah tanah/Foto: Alaister Russ - citizen.co.za
Penambang ilegal, setelah keluar dari lubang bawah tanah/Foto: Alaister Russ – citizen.co.za

Brussels, Jubi – Laporan Persatuan Bangsa-bangsa (PBB) pada Sabtu (4/6/2016) melansir, pembalakan, penambangan, perburuan liar, serta aktivitas perdagangan lain yang merusak alam yang dilakukan kelompok kriminal mampu hasilkan 258 miliar dolar Amerika Serikat pada tahun lalu.

Kejahatan lingkungan yang meliputi tambang emas ilegal oleh kartel narkoba di Kolombia, sampai pembalakan hutan oleh pemberontak di Republik Demokratik Kongo, diperkirakan bertumbuh dua sampai tiga kali lebih cepat dari perekonomian global, demikian ungkap kajian Program PBB untuk Lingkungan (UNEP) dan organisasi kepolisian internasional, Interpol.

“Kejahatan lingkungan tengah bertumbuh pada kecepatan yang mengkhawatirkan,” tukas Sekretaris Jenderal Interpol Jurgen Stock.

Anggaran lembaga internasional untuk melawan kejahatan lingkungan hanya berkisar 20 sampai 30 juta dolar AS.

Jumlah itu hanya bagian kecil dari aliran uang kejahatan lingkungan yang menembus angka 91 sampai dengan 258 miliar dolar AS.

Produk perdagangan gelap dalam aksi kriminal itu mencakup satwa liar terancam punah, diantaranya gading yang diperoleh dari pembantaian seperempat populasi gajah dunia dalam dekade terakhir, bernilai tujuh sampai dengan 23 miliar per tahun, menurut laporan tersebut.

Laporan itu turut menunjukkan nilai tak sebanding antara anggaran pemerintah untuk melawan aksi kejahatan tersebut dengan keuntungan yang diperoleh para pemburu ilegal.

Misalnya saja, para penyelundup gading di Tanzania mampu mengumpulkan penghasilan lima kali lebih besar dari anggaran yang dialokasikan untuk perlindungan satwa liar, estimasinya sebesar 10,5 juta dolar AS per tahun, terang laporan tersebut.

“Aliran dana besar yang dihasilkan dari kejahatan ini menyokong aktivitas kelompok kriminal internasional serta meningkatkan situasi tidak aman di seluruh dunia,” terang Direktur Eksekutif UNEP Achim Steiner.(*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  PBB: Perburuan, Pembalakan, Tambang Liar Hasilkan 258 Miliar Dolar AS