Waspada Perubahan Cuaca Saat “Balimau”

share on:
Ilustrasi Tradisi Balimau di Padang - minangkabaunews.com
Ilustrasi Tradisi Balimau di Padang – minangkabaunews.com

Padang, Jubi – Masyarakat Sumatera Barat yang melaksanakan tradisi “Balimau” untuk menyambut Ramadan dengan mengunjungi lokasi wisata air diimbau mewaspadai perubahan cuaca yang bisa terjadi secara mendadak.

“Informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, cuaca saat ini sangat ekstrem dan bisa berubah secara tiba-tiba. Hal ini bisa mengancam keselamatan masyarakat yang melaksanakan Balimau di pantai atau sungai. Kami imbau semuanya untuk waspada,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar Zulfiatno, di Padang, Minggu (5/6/2016).

Menurutnya, warga yang melaksanakan tradisi “Balimau” di laut diminta mewaspadai gelombang tinggi yang bisa muncul tiba-tiba. Begitupula dengan warga yang melaksanakan “balimau” di aliran sungai.

“Tetap waspadai kemungkinan air sungai tiba-tiba meluap karena hujan di hulu,” katanya lagi.

Ia mengungkapkan, pada rapat koordinasi dan konsultasi data kebencanaan, Senin(30/5), pihaknya juga telah meminta BPBD kabupaten/kota untuk menginventarisasi personel, peralatan dan data lokasi rawan bencana untuk memberikan rasa aman pada warga yang melaksanakan ‘Balimau’.”

BPBD kabupaten dan kota, menurutnya, juga diminta untuk merapatkan barisan dengan relawan kebencanaan yang ada di setiap daerah karena peranan mereka sangat dibutuhkan dalam mengontrol para pengunjung agar tak melakukan hal yang membahayakan dirinya, dan orang lain saat “Balimau” itu.

Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Ketaping Padang Pariaman, Budi Samiaji, menyampaikan bahwa saat ini terjadi perubahan cuaca yang sangat ektrem, seperti angin kencang dapat datang tiba-tiba, termasuk gelombang laut yang cukup tinggi.

“Angin kencang dan hujan lebat ini kemungkinan masih akan terjadi hingga 10 hari pertama di bulan Juni. Sekarang musim peralihan, jadi cuaca kadang tak menentu dan perlu kesiap-siagaan masyarakat,” katanya pula.(*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Waspada Perubahan Cuaca Saat “Balimau”