KPAI: Ramadhan Sarana Perbaiki Siaran Televisi

share on:
Ilustrasi pantauan televise KPI - kpi.go.id
Ilustrasi pantauan televise KPI – kpi.go.id

Jakarta, Jubi – Wakil Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Susanto, mengatakan Ramadhan penting untuk menjadi sarana memperbaiki siaran televisi yang lebih ramah anak.

“Tayangan televisi di bulan Ramadhan sebaiknya lebih ramah anak dengan memprioritaskan muatan pendidikan, keagamaan dan kedamaian,” kata Susanto dihubungi di Jakarta, Senin (6/6/2016).

Susanto mengatakan ada perubahan pada tayangan televisi pada bulan Ramadhan bila dibandingkan pada bulan-bulan sebelumnya, yaitu lebih banyak tayangan yang bermuatan keagamaan.

Susanto menilai tayangan televisi saat Ramadhan pada tahun 2016 kemungkinan akan lebih baik bila dibandingkan dengan tayangan pada tahun sebelumnya. Namun, dia menyatakan masih ada beberapa catatan.

“Masih ada tayangan yang menampilkan komunikasi verbal yang bermuatan ‘bullying’. Lebih bagus hal seperti itu dihilangkan karena tidak baik sebagai tontonan anak-anak,” tuturnya.

Bila tayangan televisi bisa memperbaiki tayangannya menjadi lebih ramah terhadap anak pada bulan Ramadhan, Susanto berharap hal itu bisa berlanjut pada bulan-bulan berikutnya.

“Ramadhan perlu menjadi momentum untuk memperbaiki diri, tidak hanya umat Muslim, tetapi juga televisi di Indonesia,” katanya.

Tayangan-tayangan “reality show” kerap dikritik oleh masyarakat karena kerap kali menayangkan komunikasi verbal yang mengarah kepada “bullying”.(*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  KPAI: Ramadhan Sarana Perbaiki Siaran Televisi