Pelabuhan Munte Luwu Utara Siap Beroperasi 2017

share on:
Ilustrasi peta Kabupaten Luwu Utara - ichsanjuradi.blogspot.com
Ilustrasi peta Kabupaten Luwu Utara – ichsanjuradi.blogspot.com

Luwu Utara, Jubi – Pelabuhan Munte yang berada di Desa Mute Kecamatan Tana Lili Luwu Utara, Sulawesi Selatan, direncanakan sudah siap beroperasi sekaligus membantu peningkatkan ekonomi masyarakat desa pada 2017.

Kepala Desa Munte, Suryanto di Luwu Utara, Senin (6/6/2016), mengatakan pelabuhan rakyat ini nantinya akan disandari berbagai jenis perahu kayu dengan ukuran kecil untuk mengangkut berbagai kebutuhan masyarakat.

“Rencananya memang sudah bisa dioperasikan pada 2017. Untuk perahu yang akan sandar nanti, memang untuk ukuran yang tidak terlalu besar,” katanya.

Ia menjelaskan, untuk pelabuhan ini sendiri awal pembangunannya dimulai sejak 2011. Selama kurang lebih lima tahun ini, sudah dilengkapi berbagai fasilitas termasuk kantor para petugas pelabuhan.

Tempat sandar untuk perahu juga sudah disiapkan dan diharapkan bisa segera diaktifkan demi meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya di desa pesisir tersebut.

“Kami tentu berharap dengan keberadaan pelabuhan ini memberikan ruang atau peluang lapangan kerja baru bagi masyarakat Desa Munte. Ini tentu akan membuat perekonomian masyarakat bisa terbantu,” jelasnya.

Sementara itu, petani rumput laut di Desa Munte, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan menjerit atau keluhkan penurunan harga rumput laut yang hingga kini beum mampu diatasi pihak terkait.

Harga rumput lain yang merupakan hasil panen para petani di desanya saat ini masih dipatok dengan hrga Rp6.000 perkilo (untuk rumput laut kering) atau hampir dua kali lipat dari harga normal sebelumnya yakni Rp11 ribu perkilo.

“Untuk kesempatan ini, kami berharap agar harga rumput laut yang sejak 2015 mengalami penurunan agar bisa segera dinormalkan. Para petani kami begitu kesulitan jika ini tidak berubah, apalagi harganya memang jauh menurun dari harga jual secara normal,” katanya. (*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Pelabuhan Munte Luwu Utara Siap Beroperasi 2017