Disperindag Lebak Dorong Perajin Bambu Berkembang

share on:
Ilustrasi perajin bamboo - banyumasnews.com
Ilustrasi perajin bamboo – banyumasnews.com

Lebak, Jubi – Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lebak, Banten, mendorong perajin bambu setempat berkembang sehingga dapat memberikan sumbangan pendapatan ekonomi di daerah itu.

“Kami optimistis pelaku usaha kerajinan bambu di Lebak tumbuh dan berkembang karena didukung bahan baku perkebunan tanaman bambu yang melimpah,” kata Kepala Bidang Industri Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Lebak Herisnen di Lebak, Selasa (7/6/2016).

Pengembangan produk kerajinan bambu tersebut bertujuan untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat juga penyerapan tenaga kerja lokal.

Pengembangan usaha kerajinan bambu sangat menjanjikan karena permintaan pasar domestik maupun mancanegara cenderung meningkat.

Pemerintah daerah terus melakukan pembinaan dan bimbingan teknis kepada pelaku kerajinan aneka produk bambu. Saat ini, pertumbuhan usaha kerajinan bambu mulai berkembang pesat di sejumlah kecamatan, katanya.

Selain itu, juga pihaknya mengoptimalkan pelatihan manajemen, diversifikasi produk hingga memfasilitasi pinjaman kredit kepada lembaga perbankan.

Kegiatan pelatihan dan diversifikasi itu diharapkan mampu membuat produk kerajinan bambu mampu bersaing di pasaran baik domestik maupun mancanegara.

“Kami yakin produk kerajinan bambu bisa bersaing dengan produk lain, terlebih menjelang pemberlakuan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA),” ujarnya.(*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Disperindag Lebak Dorong Perajin Bambu Berkembang