Pemkab Supiori Akan Bangun Stadion Mini

share on:
: Bupati Supiori Jules Warikar Saat Berbincang Dengan Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Papua, Elia Loupatty - Jubi/Alex
: Bupati Supiori Jules Warikar Saat Berbincang Dengan Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Papua, Elia Loupatty – Jubi/Alex

Jayapura, Jubi – Guna mendukung pelaksanaan PON XX tahun 2020 di Papua, Pemerintah Kabupaten Supiori berencana membangun stadion mini di wilayahnya.

Bupati Supiori Jules Warikar kepada wartawan, di Jayapura, Selasa (7/6/2016) mengatakan selain stadion mini, pihaknya juga akan membangun Gedung Serba Guna (GSG) yang didalamnya dapat memainkan sejumlah cabang olahraga. Diantaranya, sepak takraw, bulu tangkis dan bola basket.

“Perencanaannya sudah siap. Dimana pembangunannya bisa segera dimulai pada 2017,” katanya.

Selain itu, ujar Warikar, saat ini pihaknya juga tengah merintis olahraga motor cross yang dinilainya cukup menarik minat masyarakat setempat. “Sehingga untuk pembangunan stadion, gedung bahkan Sirkuit sudah ditetapkan lokasinya,” ujarnya.

Agar berjalan mulus, kata Warikar, saat ini pihaknya masih berembuk dengan tua tua adat dalam hal menyediakan lahan. “Setelah kembali ke Supiori, saya akan segera kumpulkan semua marga marga yang memiliki tanah untuk melakukan pembicaraan terutama mengenai pelepasan,” katanya.

Disinggung soal anggaran pembangunan sarana olahraga di Supiori, Bupati Warikar mengaku sudah mengusulkannya dalam APBD perubahan 2016. “Soal perencanaan sementara di desain oleh tim. Dalam waktu dekat kami segera ketahui berapa besar biaya yang dibutuhkan,” katanya lagi.

Dia menambahkan saat ini pihaknya juga telah mempersiapkan atlet atlet muda yang direkrut pada tiap-tiap sekolah menengah atas. “Intinya, siapa yang punya potensi sudah kami daftar. Namun secara teknis kami akan kerja sama atau dengan instansi terkait untuk mengembangkan potensi anak-anak kita,” ujarnya.

Sebelumnya, Gubernur Papua Lukas Enembe dipastikan akan menyerahkan master plan pembangunan infrastruktur Pekan Olahraga Nasional (PON) XX kepada Presiden Joko widodo.

Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Papua, Yusuf Yambe Yabdi kepada wartawan, Senin (2/5/2016) mengatakan dalam kunjungannya ke Papua beberapa waktu lalu, Presiden sudah tanyakan master plan pembangunan venue PON.

“Presiden sudah tanyakan, jadi gubernur sendiri yang akan menyerahkan. Kalau ke Menpora minggu lalu kami sudah serahkan,” katanya.

Disinggung soal anggaran pembangunan infrastruktur PON, Yusuf menjelaskan, semua akan dianggarkan dalam APBD Perubahan 2016, dan pembangunan stadion utama akan tetap dilakukan di Kampung Harapan, Sentani Kabupaten Jayapura.

Selain itu, pembangunan venue yang mendesak dan harus dibangun adalah kolam renang, lapangan menembak. Untuk lapangan tembak sudah disiapkan lahan seluas 6 hektar oleh Kodam XVII Cenderawasih. Kemudian, lapangan Hocky.

“Jadi, dalam anggaran yang kami usulkan dalam perubahan APBD 2016 sekitar Rp300 miliar, tapi tidak semua terserap untuk pembangunan stadion utama. Karena kami butuh anggaran untuk perencanaan lainnya,” ujarnya. (*)

Tags:
Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Pemkab Supiori Akan Bangun Stadion Mini