DPRD Nabire Pertanyakan Jembatan Rusak

share on:
Jalur Hijau (median jalan) yang Rusak – Jubi/Titus Ruban
Jalur Hijau (median jalan) yang Rusak – Jubi/Titus Ruban

Nabire, Jubi – Komisi C bidang Pembangunan dan Anggaran, Dewan Perwakilan Rakyak Kabupaten Nabire Papua, mempertanyakan beberapa jembatan yang rusak pasca banjir beberapa bulan lalu serta Median (jalur hijau) yang hingga kini belum juga diperbaiki.

“Jembatan Siriwini itu kan jalan utama (jalan trans) yang harus segera diperbaiki. Mau pemerintah pusat kah pemerintah daerah kah. Ini sudah lebih empat bulan tapi seakan dibiarkan saja. Banyak masyarakat datang dan tanya bagaimana dan kapan jembatan-jembatan ini akan diperbaiki,” kata Ketua Komisi C Matias Pigai di Nabire, Rabu (8/5/2016).

Median (jalur) hijau dari depan Dinas DLLAJ sampai Jembatan Malompo sepanjang kurang lebih 2 kilometer juga hampir setahun ini dibongkar namun tak pernah diperbaik hingga saat ini.

“Jalur hijau ini sudah banyak telan korban jiwa, banyak orang asal menyebrang tidak tahu aturan lalulintas. Jadi kita mau salahkan siapa?” lanjut Pigai.

Sebelumnya, Wakil Ketua Komisi C Welem Kayame menegaskan kepada Pemkab Nabire jika tidak ada anggaran atau hambatan lainnya, Pemkab atau Dinas terkait harus membuka diri dan bekerjasama dengan DPRD Nabire.

Di tempat terpisah, Koordinator Lapangan(Korlap) Satuan Kerja (satker) Wilayah VIII, Bina Marga  Nabire, Luther Rande mengatakan, untuk median bukan tanggungjawab Satker tetapi Pemkab Nabire.

“Kami tidak paham sejauh mana penyelesaiannya. Sedangkan kalau jembatan yang ada di jalur trans seperti jambatan kali Nabire itu baru Bina Marga,” ujanya di Nabire, Kamis (9/6/16).

Menurutnya, saat ini Jembatan Kali Nabire sudah dilakukan pemasangan pancangan besi penahan itu oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Nabire.

“Sudah ada pihak ketiga (kontraktor) yang memobilisasi alat dan siap mengerjakan, namun entah alasan apa hingga mereka berhenti,” katanya.

Tetapi kini Bina Marga sudah mengajukan anggaran ke pusat. Bila sudah terjawab puhaknya berencana akan membongkar total dan mengerjakan jembatan yang baru. (Titus Ruban)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  DPRD Nabire Pertanyakan Jembatan Rusak