Bupati Minta Gunakan Dana ADK Sesuai Tujuannya

share on:
Penandatanganan SK penerima ADK oleh sejumlah Kepala Kampung di Kampung Garussa, Distrik Unurumguay belum lama ini – Jubi/Engel Wally
Penandatanganan SK penerima ADK oleh sejumlah Kepala Kampung di Kampung Garussa, Distrik Unurumguay belum lama ini – Jubi/Engel Wally

Sentani, Jubi – Pemerintah Kabupaten Jayapura, Papua memberikan dana ADK (alokasi dana kampung) sebesar Rp 1 miliar secara bertahap ke tiap kampung.

Bupati Jayapura Matius Awoitau mengharapkan agar dana ADK itu tidak digunakan untuk tujuan lain. Pemberiannya pun tidak diserahkan perseorangan atau ke kepala kampung, tetapi disaksikan semua orang dalam satu kampung.

“Ketika ADK hendak dicairkan, pihak BPMK harus tegas dalam pelaksanaannya. Dana tersebut tidak dikasih atas orang per orangan atau hanya kepada kepala kampung saja, tetapi harus disaksikan semua pihak, baik tahap pertama maupun tahap kedua,” katanya di Sentani. Jumat (10/6/2016).

Dana tersebut juga hendaknya digunakan untuk kepentingan kampung, bukan untuk kepentingan kepala kampung, sebagaimana diusulkan saat Musrembangkam (Musyawarah Rencana Pembangunan Kampung), misalnya untuk perempuan, agama, pemuda dan kepentingan umum.

“Dana langsung diberikan, tinggal pada tahapan berikutnya dana diberikan apabila tahap pertama laporannya sudah dibuat,” katanya.

Warga Jayapura Yuli mengatakan dana ADK kerap disalahgunakan, bahkan tak ada jatah untuk kaum perempuan. Padahal ada sejumlah kegiatan yang dilakukan perempuan.

“Ketika dana ADK tiba, banyak keganjilan yang kami lihat,” katanya.

Menurut Yuli 30 persen dari dana yang diberikan untuk perempuan yang diperuntukkan bagi pengembangan posyandu, PKK, PAUD dan TK.

“Tetapi dana ADK yang diberikan dalam beberapa tahapan itu sama sekali tidak kami rasakan manfaatnya,” katanya. (*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Bupati Minta Gunakan Dana ADK Sesuai Tujuannya