Hanya Lima Kabupaten yang Tertarik pada Ice Flake

share on:
Ilustrasi Ice Flake - Jubi/scotsman-ice.co.uk
Ilustrasi Ice Flake – Jubi/scotsman-ice.co.uk

Jayapura, Jubi – Direktur Akses Pasar dan Promosi Kementerian Kelautan dan Perikanan (Kemen KP) Ines Rahmania mengatakan dari 29 kabupaten/kota di Provinsi Papua hanya lima kabupaten yang tertarik dengan mesin Ice Flake (baca: mesin pengawet ikan).

Menurut dia pihaknya menyediakan bantuan 354 unit Ice Flake di Indonesia yang terdiri dari 333 skala kecil dan 21 skala besar. Namun khusus untuk Papua baru tiga Pemerintah Kabupaten yang meminta.

“Untuk di Papua sendiri kami masih menunggu teman-teman, kira-kira berapa yang dibutuhkan. Seperti Keerom mereka sanggup cuma sedang dihitung mau ditaruh di titik mana, demikian juga dengan Sarmi dan Kota Jayapura,” katanya di Kota Jayapura, Kamis (9/6/2016).

Ia mengatakan jumlah pasar ikan di Papua cukup banyak. Oleh karena itu, diharapkan permintaan Ice Flake, apalagi mesinnya murah bila dibandingkan pembangunan pabrik es.

“Pabrik es itu membutuhkan tenaga listrik yang jauh lebih besar. Oleh sebab itu, kami menawarkan Ice flake, tapi kami berharap bisa lebih banyak di Papua untuk alokasi karena di sini banyak pasar ikan,” katanya.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Papua, F.X. Mote mengakui hingga kini permintaan dan stok ikan tak berimbang. Hal itu menyebabkan harga ikan cenderung fluktuatif.

“Padahal kita termasuk daerah yang melebihi secara rata-rata nasional. Papua tertinggi tingkat konsumsi ikan dengan 42 kilogram per kapita per tahun,” katanya.

Maka dari itu, ia mengharapkan untuk terus makan ikan dengan benar, bahwa tidak boleh ada lewat dari berapa hari disimpan.

“Memperpendek ikan dengan piring, dengan melihat cara masak dan lain sebagainya, kalau melebihi waktu tentu rasanya tidak enak,” katanya.

Wali Kota Jayapura, Benhur Tommy Mano meminta agar Pemerintah Pusat memperhatikan usulan dari Pemerintah Daerah sehingga daerah Jayapura salah satu ikon penyuplai ikan tangkap di pesisir utara.

“Salah satunya pengelolaan Tempat Pendaratan Ikan (TPI) Hamadi, Iced Storage dan Pabrik Es dan lain sebagainya. (*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Hanya Lima Kabupaten yang Tertarik pada Ice Flake