Bidbud P&K Papua Gelar Pra Meeting Pesta Budaya Papua XIV

share on:
Ketika Kepala Bidang Kebudayaan P&K Provinsi Papua, Yulianus Kuayi memukul tifa sebagai tanda dibukanya pra meeting di Biak, Kamis (09/06/2016) - Dok. Bidbud Papua
Ketika Kepala Bidang Kebudayaan P&K Provinsi Papua, Yulianus Kuayi memukul tifa sebagai tanda dibukanya pra meeting di Biak, Kamis (09/06/2016) – Dok. Bidbud Papua

Jayapura, Jubi – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P&K) Provinsi Papua, melalui Bidang Kebudayaan menggelar pra meeting dengan Dinas P&K Kabupaten/Kota se Provinsi Papua ataupun dengan instansi terkait lainnya yang menangani bidang kebudayaan di daerah yang nantinya akan mengikuti kegiatan Pesta Budaya Papua XIV, Festival Seni Kreasi Papua XVII dan Lomba Seni Anak dan Remaja XIII tahun 2016.

Kepala Dinas P&K Provinsi Papua, Elias Wonda melalui Kepala Bidang Kebudayaan, Yulianus Kuayo mengatakan, pra meeting tersebut menampung semua usulan yang diajukan oleh peserta dari kabupaten/kota dan dirumuskan untuk dituangkan dalam buku panduan kegiatan pesta budaya Papua.

“Kegiatan pra meeting ini kami laksanakan dalam rangka mempersiapkan kegiatan Pesta Budaya Papua XIV, Festival Seni Kreasi Papua XVII dan Lomba Seni Anak dan Remaja XIII yang rencananya akan kita laksanakan pada bulan Agustus 2016 di Kabupaten Jayapura, serta membahas hal-hal krusial menyangkut kebudayaan di Papua yang dikemas dalam rapat koordinasi kebudayaan se Provinsi Papua,” ungkap Yulianus Kuayo kepada Jubi melalui pesan tertulis, Jumat (10/06/2016).

Kegiatan yang digelar di Kabupaten Biak ini dihadiri dari 10 kabupaten dan 1 kota yaitu Kabupaten Keerom, Supiori, Mimika, Biak Numfor, Boven Digoel, Merauke, Kepulauan Yapen, Puncak Papua, Paniai, Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura.

Dalam kegiatan itu, jelas Yulianus, dibagi dalam dua kategori yaitu kegiatan pra meeting dan rapat koordinasi (Rakor) kebudayaan se Provinsi Papua. Kegiatan pra meeting dilaksanakan pada (09/06/2016), sementara kegiatan Rakor dilaksanakan pada (10/06/2016) di hotel Mapia, Kabupaten Biak.

“Keberhasilan pelaksanaan kegiatan pesta budaya Papua, festival seni kreasi Papua dan lomba seni anak dan remaja Papua tahun 2016 ditentukan melalui pelaksanaan pra meeting ini. Sehingga saya harapkan para Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan tingkat kabupaten dan kota, kepala bidang kebudayaan tingkat kabupaten dan kota serta Dewan Kesenian se Provinsi Papua agar mengikuti kegiatan ini dengan baik dan mohon partisipasi dari semua pihak” tuturnya mengajak.

Ia menjelaskan, dalam kegiatan tersebut pihaknya mensosialisasikan Intruksi Gubernur Papua No. 3 Tahun 2014 Tentang Gerakan Melestarikan Budaya Papua dan Pangan Lokal. Dengan harapan para Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan tingkat Kabupaten/kota, kepala bidang kebudayaan tingkat kebupaten/kota, Dewan Kesenian serta para seniman di seluruh Papua benar-benar menerapkan intruksi ini.

“Kalau intruksi ini benar-benar diterapkan, dampaknya terhadap kebudayaan di Papua dan ekonomi di Papua akan sangat berpengaruh,” imbuhnya.

Dalam kesempatan terpisah, Kepala Bidang Budaya yang juga Koordinator Tim Kabupaten Jayapura, Elvis Kabey mengatakan Kabupaten Jayapura sebenarnya sedang menyiapkan beberapa event dalam festival ini. Ia optimis menjuarai sejumlah lomba yang akan digelar dalam event tersebut.

“Semua cabang kami siapkan dengan satu target, yaitu mempertahankan juara umum. Apalagi tuan rumahnya kami sendiri,” katanya. (*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Bidbud P&K Papua Gelar Pra Meeting Pesta Budaya Papua XIV