Bupati Barito Selatan Berjanji Perjuangkan Harga Rotan

share on:
Ilustrasi industri rotan di Barito - disperindagkop.baritotimurkab.go.id
Ilustrasi industri rotan di Barito – disperindagkop.baritotimurkab.go.id

Buntok, Kalteng, Jubi – Bupati Barito Selatan, Kalimantan Tengah, HM Farid Yusran, berkomitmen untuk terus memperjuangkan supaya harga rotan bisa mengalami kenaikan.

“Saya berkomitmen untuk tetap memperjuangkan harga rotan bersama dengan Asosiasi Perkumpulan Petani, Pedagang dan Industri Rotan Kalimantan (Peppirika),” katanya saat Safari Ramadhan di Desa Baru, Barito Selatan, Minggu (12/6/2016).

Ia mengatakan, dirinya akan berada di belakang Peppirka bersama-sama memperjuangkan harga rotan guna meningkatkan kesejahteraan petani dan pengusaha rotan Kalimantan.

“Perjuangan asosiasi ini ada dua hal, yakni menginginkan peraturan tentang pelarangan ekspor rotan dicabut dan memperjuangkan agar rotan bukan lagi hasil ikutan hutan, akan tetapi budidaya perkebunan,” tambah dia.

Dengan adanya peraturan pelarangan ekspor rotan, lanjut dia, akan banyak terjadi penyelundupan, sehingga stok di luar negeri menumpuk dan mereka tidak lagi membeli rotan.

“Akibat banyaknya penyelundupan tersebut, harga rotan di tingkat petani dan pengusaha di Kalimantan pun sangat murah dan kesejahteraan petani rotan khususnya di Kalimantan menjadi terpuruk,” ujarnya.

Menurut dia, pihaknya beberapa tahun lalu sudah memperjuangkan hal itu dan bersyukur Pepprika telah terbentuk untuk terus memperjuangkan nasib petani dan pengusaha rotan Kalimantan.(*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Bupati Barito Selatan Berjanji Perjuangkan Harga Rotan