Hanya “Anak Tanah” yang Mampu Buat Terobosan Besar

share on:
Bupati Jayapura Matius Awoitau - Jubi/Engel Wally
Bupati Jayapura Matius Awoitau – Jubi/Engel Wally

Sentani, Jubi – Beberapa kampung di Kabupaten Jayapura sudah dimekarkan, seperti di Distrik Unurumguay. Bupati Jayapura Matius Awoitau menilai hal itu merupakan terobosan besar yang dilakukan “anak tanah” (maksudnya putra daerah).

“Hal ini (baca: pemekaran) hanya dibuat oleh “anak-anak tanah” setempat yang mampu melakukan sesuatu bagi negerinya sendiri,” katanya di Sentani, Sabtu (11/6/2016).

Ia berpendapat masyarakat Distrik Unurumguay sudah melihat perkembangan pembangunan sehingga dengan berani memekarkan kampung-kampungnya.

“Distrik Kemtuk lebih dulu meminta daerahnya dimekarkan. Ini harus dilakukan sehingga akses pembangunan lebih cepat dilaksanakan di daerah tersebut, termasuk kampung-kampung yang akan dimekarkan,” ujarnya.

Ia pun mengharapkan dukungan semua pihak, terutama masyarakat adat.  Hal itu dinilai kesempatan untuk terus  melakukan pengembangan dan pembinaan terhadap masyarakat asli. Tiga tahun setelah pencanagan kebangkitan masyarakat adat harus ada perubahan.

“Sejumlah kebijakan sudah diberikan dalam bentuk kewenangan kepada adat untuk mengolah dan menerjemahkan hal tersebut berdasarkan fungsi dan potensi lokal yang ada. Dana yang cukup besar saat ini diturunkan ke kampung, Adat harus mengambil peran untuk mengatur dan melakukan perubahan,” katanya.

Terpisah, Frits Rumayomi, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Kampung Jayapura mengatakan pihaknya telah menurukan dana ADK tahap pertama ke sejumlah kampung.

“Anggaran yang turun ke setiap kampung rata-rata sudah mencapai Rp 1,2 miliar yang akan diambil dua tahap; tahap pertama diberikan kepada pihak kampung dan wajib untuk melaporkan penggunaannya dan tahap berikutnya akan diberikan,” katanya.

Ia berharap dana yang diberikan dapat membawa perubahan dan kemajuan kampung. (*)

 

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Hanya “Anak Tanah” yang Mampu Buat Terobosan Besar