Besok, Tim Pemantau Pelaksanaan Otsus Sambangi Papua

share on:
Pelaksana Tugas Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Papua Gilberd R. Yakwart - Jubi/Alex
Pelaksana Tugas Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Papua Gilberd R. Yakwart – Jubi/Alex

Jayapura, Jubi – Besok, tim pemantau DPR RI terhadap pelaksanaan undang undang terkait Otonomi Khusus Aceh, Papua dan Keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta, akan menyambangi Pemerintah Provinsi Papua.

Tim Pemantau yang diketuai Fadli Zon dikabarkan tiba di Jayapura, Rabu, (15/6/2016) pagi, dan akan langsung bertemu dengan Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal, di Sasana Karya Kantor Gubernur Dok II Jayapura.

“Bapak Fadli Zon yang juga Wakil Ketua DPR RI akan memimpin rombongan ke Papua. Kunjungan ke Jayapura ini dalam rangka membicarakan pelaksanaan UU 21 2001 tentang Otsus bagi Papua,” kata Pelaksana Tugas Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Papua Gilberd R. Yakwart, di Jayapura, Selasa (14/6/2016).

Dalam kunjungannya, tim pemantau akan melakukan pertemuan dengan Wagub Papua Klemen Tinal, pimpinan DPR Papua, Majelis Rakyat Papua (MRP), Bupati dan Walikota serta unsur Forkompinda.

“Selaku Humas, kami siap menyambut dan mempersiapkan tempat pertemuan rombongan DPR RI dengan jajaran Pemprov Papua,” ucapnya.

Sementara itu, Asisten Bidang Pemerintahan Sekda Papua Doren Wakerkwa berharap kedatangan tim pemantau dapat memberi dampak positif bagi pemerintah dan rakyat di provinsi ini. Ia pun menginginkan kunjungan tim tak sebatas seremonial, tetapi dibarengi dengan satu upaya mendukung aspirasi pemprov dan masyarakat Papua.

“Kalau bisa dalam kunjungannya, tim pemantau DPR RI bisa membawa “oleh-oleh” bagi pemerintah dan masyarakat Papua,” kata Doren.

Ia katakan, pihak DPR RI bukan baru pertama kali sambangi Papua, namun produk rancangan undang-undangan yang diusulkan demi kepentingan masyarakat Papua, tak kunjung juga diperjuangkan.

“Tolong kepada lembaga dewan agar melihat kepentingan Papua secara menyeluruh. Ada usulan produk RUU yang sampai saat ini kami usulkan untuk dibahas dan disahkan menjadi UU namun belum kunjung disahkan. Jangankan disahkan menjadi UU, masuk dalam Program Legislasi Nasional pun masih jauh,” tutupnya. (*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Besok, Tim Pemantau Pelaksanaan Otsus Sambangi Papua