Jika Kasasi Ditolak, PH 5 Kapal Asing Ajukan PK

share on:
Lima kapal milik PT Sino yang berlabu di Pelabuhan Perikanan Merauke, Jubi/Frans L Kobun
Lima kapal milik PT Sino yang berlabu di Pelabuhan Perikanan Merauke, Jubi/Frans L Kobun

Merauke, Jubi -Pengacara PT Sino, Efrem Fangohoy, SH menegaskan, pihaknya sedang mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung (MA) pada akhir tahun 2015 lalu, terkait kasus  lima kapal yang ditangkap ketika sedang melakukan pencarian ikan di Perairan Merauke. Meskipun dalam putusan PN Merauke dinyatakan bersalah hingga ke Pengadilan Tinggi (PT), namun sampai sekarang kasasi belum juga turun.

“Kami masih menunggu hasilnya dan jika kasasi tidak diterima, maka akan dipelajari kembali berkasnya sekaligus ditempuh upaya hukum lain seperti Peninjauan Kembali (PK). Ya, kami akan lakukan PK jika kasasi tak diterima,” ujar Efrem kepada Jubi di Pengadilan Negeri (PN) Merauke Selasa (14/6/2016).

Diharapkan agar di tingkat kasasi, majelis hakim dapat melihat secara jeli siapa yang bertanggungjawab terhadap keberadaan lima kapal tersebut. Dalam perkara dimaksud, justru anak buah kapal (ABK) yang bersalah, karena dianggap paling bertanggungjawab. Padahal, mestinya adalah nahkoda.

“Kalau memang nahkoda bersama para ABK kelima kapal bersalah, mungkin bisa diterima. Tetapi jika hanya ABK saja, maka patut dipertanyakan. Karena yang bertanggungjawab penuh adalah nahkoda,” tegasnya.

Ditanya jika kasasi turun, maka barang bukti kapal akan dibakar atau ditenggelamkan, Efrem menegaskan, tidak serta merta dilakukan. Masih ada upaya hukum lain dilakukan pengacara jika terdapat cela. “Kita lihat saja kapan kasasinya turun ,” tuturnya.

Pengacara lainnya, Dewi, SH menambahkan, penegakan hukum agar tetap juga menjaga harkat dan martabat. Meskipun itu adalah kapal asing, namun proses hukum harus dilakukan dengan seadil-adilnya.

“Kami masih menunggu kasasi MA. Bisa ada langkah lain yang akan diambil jika upaya hukum tersebut tak diterima,” katanya. (*)

Tags:
Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Jika Kasasi Ditolak, PH  5 Kapal Asing Ajukan PK