Permintaan Kredit Pegadaian Meningkat Selama Ramadhan

share on:
Ilustrasi layanan pegadaian - sumatra.bisnis.com
Ilustrasi layanan pegadaian – sumatra.bisnis.comaia

Medan, Jubi – Permintaan kredit ke Pegadaian khususnya Kredit Cepat Aman atau KCA terus meningkat didorong banyaknya usaha musiman yang bermunculan di Ramadhan.

“Penurunan sewa modal yang dilakukan Pegadaian sejak 1 Juni 2016 sebesar 0,40 persen dari 1,15 persen menjadi 0,75 persen per 15 hari juga dinilai semakin mendorong tingginya kredit itu,” kata Kepala Humas PT Pegadaian (Persero) Kanwil I Medan, Lintong Parulian Panjaitan di Medan, Selasa (14/6/2016).

Dia tidak merinci total kredit yang disalurkan Pegadaian selama Puasa Ramadhan dengan alasan belum direkap, tetapi dipastikan ada tren meningkat yang cukup besar dari hari biasa.

Permintaan kredit itu naik karena nasabah beralasan, untuk modal atau penambahan modal usaha, memanfaatkan momentum Ramadhan seperti berjualan kue dan pakaian.

KCA sendiri menawarkan kredit mulai untuk pinjaman golongan B mulai sebesar Rp550.000 hingga Rp5.000.000, golongan C yakni Rp5.100.000- Rp20.000.000.

Adapun jaminan barang berupa non emas seperti kendaraan bermotor, alat rumah tangga, alat pertanian, alat tukang, alat nelayan, sepeda, dan barang non elektronik.

Pegadaian sendiri siap menampung barang agunan itu karena memang sudah memiliki fasiltas gudang yang memadai, khususnya di kantor yang berada di pinggiran kota.

“Penurunan tarif itu sendiri sebagai salah satu bukti dukungan Pegadaian terhadap pergerakan perekonomian. Disadari masyarakat memang memerlukan pinjaman sewa modal atau bunga kredit terjangkau,” katanya.

Pengamat ekonomi Sumut, Wahyu Ario Pratomo, menyebutkan, Puasa Ramadhan dan Idul Fitri seperti hari besar keagamaan lainnya diakui membantu mendorong pergerakan ekonomi di Sumut.

“Kebutuhan berbagai barang yang meningkat khususnya makanan berbuka dan sandang membuat usaha kecil di tengah masyarakat semakin banyak dan itu bisa membantu peningkatan ekonomi,” katanya.(*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Permintaan Kredit Pegadaian Meningkat Selama Ramadhan