KNPB Klaim 1004 Anggotanya Ditahan Polres Jayapura

share on:
Massa KNPB Sentani dibawa ke Polres Jayapura dari Pos 7, Rabu, 15/6/2016 (JUBI/ZA)
Massa KNPB Sentani dibawa ke Polres Jayapura dari Pos 7, Rabu, 15/6/2016 (JUBI/ZA)

Jayapura, Jubi- Komite Nasional Papua Barat mengklaim lebih dari seribu anggotanya ditangkap Polres Kabupaten Jayapura saat akan melakukan aksi demonstrasi Penolakan Tim Penyelesaian Kasus Hak Asasi Manusia (HAM) Papua, Rabu (15/6/2016). Mereka ditahan di halaman Markas Polres Jayapura.

“Semua ditangkap. Kami di Polres Sekarang. Ada 1004 orang. Mereka masih menjalani pemeriksaan di Polres,”ungkap Alan Halitopo, ketua KNPB Wilayah Sentani kepadaJubi, Rabu (15/06/2016)

Kata dia, polisi menangkap mereka dengan alasan tidak ada izin untuk berdemo. Polisi kemungkinan akan melepaskan para aktivis ini usai menjalani pemeriksaan dan berdialog.

“Sekarang masih orasi. Tiga puluh menit lagi kami akan dipulangkan,” ujarnya.

Bazoka Logo, juru Bicara KNPB pusat mengatakan polisi kembali mencatat sejarah dalam penangkapan terbanyak terhadap orang Papua.

“Kolonial kembali mencatat rekor penangkapan terbanyak,” tegasnya.

Kata dia, penangkapan ini membuktikan negara Indonesia tidak demokratis lagi.

Terpisah, Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Ipda Imam Rubianto membantah jumlah aktivis yang ditangkap itu. Ia mengatakan jumlahnya tak sampai 1000 orang.

“Sekitar 600 orang yang ditahan dan diperiksa. Sore tadi mereka sudah dipulangkan semua, jam lima sore. HP yang disita juga sudah dikembalikan,” jelas Ipda Iman. (*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  KNPB Klaim 1004 Anggotanya Ditahan Polres Jayapura