Sasaran Program Layanan Anak Diminta Diperluas di Fiji

share on:
Sebanyak 1851 panggilan telah diterima melalui Child Helpline - www.fbc.com.fj
Sebanyak 1851 panggilan telah diterima melalui Child Helpline – www.fbc.com.fj

Jayapura, Jubi – Sebuah program pelayanan anak di Fiji “Child Helpline” yang tujuan awal didirikan untuk membantu anak-anak kini mendapat permintaan untuk memperluas sasarannya. Layanan melalui telepon itu diminta untuk juga membantu orang-orang, selain anak, yang sedang mencari bantuan karena kasus kekerasan dalam rumah tangga dan situasi yang menyebabkan stres lainnya.

Badan The National Child Helpline itu terbilang sangat muda. Ia baru didirikan pada Januari tahun lalu dan mereka telah menerima lebih dari 11.000 panggilan.

Sekretaris tetap di Kementerian Perempuan, Anak dan Pengentasan Kemiskinan, Josefa Koroivueta, mengatakan sebagian besar para penelpon itu melaporkan masalah yang berkaitan dengan pengabaian anak, pelecehan dan kesejahteraan keluarga.

Ia mengatakan, laporan-laporan yang bervariasi atau tidak hanya terkait masalah anak itu juga kemungkinan disebabkan oleh waktu layanan yang sudah dimaksimalkan. Dijelaskannya, layanan Helpline telah diperluas hingga 24 jam, dan juga mampu membantu masyarakat di daerah lain.

“Mereka mampu memberi nasihat ataus saran secara positif kepada orang-orang yang mengasuh anak. Bahkan perempuan yang menjadi korban kekerasan dalam rumah tangga, mereka mampu dibantu dengan fasilitas itu (helpline), meskipun itu hanya untuk National Child Helpline,” kata Koroivueta seperti dikutip dari Radio New Zealand, Selasa (14/6/2016).

“Kami mampu melakukannya berdasarkan pada situasi berbeda yang telah kita melalui. Ketika kita melalui situasi saat siklon tropis, bahkan orang-orang yang punya masalah psiko-sosial, mereka (helpline) juga membantu untuk melayani,” katanya. (*)

Tags:
Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Sasaran Program Layanan Anak Diminta Diperluas di Fiji