Minum Kopi Tidak Sebabkan Kanker

share on:
ilustrasi kopi - noor-magazine.com
ilustrasi kopi – noor-magazine.com

London, Jubi – Tidak ada bukti meyakinkan bahwa minum kopi menyebabkan kanker, namun semua minuman sangat panas kemungkinan bersifat karsinogenik, kata badan kanker Badan Kesehatan Dunia (WHO) saat menyatakan peringatannya.

Badan Penelitian Kanker Internasional (IARC) sebelumnya mengkategorikan kopi sebagai “kemungkinan karsinogenik”, namun kemudian mengubah sikapnya.

Pada Rabu (15/6/2016), badan tersebut dalam kajian terbarunya menyatakan bahwa tidak ditemukan bukti meyakinkan atas efek karsinogenik.

Meski demikian, pada saat sama, IARC mengatakan bukti ilmiah lain menunjukkan bahwa minum apa pun sangat panas, sekitar 65 derajat Celsius atau lebih, termasuk air, kopi, teh, berkemungkinan menyebabkan kanker esofagus atau kerongkongan.

IARC yang bermarkas di Lyon tahun lalu menjadi tajuk utama di seluruh dunia ketika menyatakan bahwa daging yang telah diproses bisa menyebabkan kanker, setelah mengkaji lebih dari 1.000 studi ilmiah terhadap manusia dan hewan.

Tidak ada bukti cukup untuk mengklasifikasi kopi sebagai karsinogenik maupun non-karsinogenik.

Sebelumnya IARC memasukkan kopi sebagai “kemungkinan karsinogenik” dalam kategori 2B bersama kloroform, timbal dan unsur-unsur lain.

Perhimpunan Kopi Nasional AS menyambut baik perubahan klasifikasi IARC itu sebagai “berita baik bagi peminum kopi”.(*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Minum Kopi Tidak Sebabkan Kanker