Pemilik Hak Ulayat Palang Kantor Bupati Merauke

share on:
Pemalangan Kantor Bupati Merauke yang ditandai pemasangan sasi. Jubi/Frans L Kobun
Pemalangan Kantor Bupati Merauke yang ditandai pemasangan sasi. Jubi/Frans L Kobun

Merauke, Jubi- Kris Pandi Mahuze yang adalah salah seorang pemilik hak ulayat, melakukan pemalangan terhadap Kantor Bupati Merauke. Pemalangan dengan pemasangan sasi itu, setelah penyelesaian ganti rugi tanah belum dilakukan pemerintah setempat dari tahun 2012 silam.

Kepada sejumlah wartawan Jumat (17/6/2016), Kris mengaku, pihaknya terpaksa mengambil langkah dengan melakukan pemalangan Kantor Bupati Merauke yang sedang dalam proses penyelesaian sekarang, karena belum ada tindaklanjut penyelesaian pemerintah. “Saya sebagai pemilik hak ulayat merasa kecewa lantaran hingga sekarang tak ada respon pemerintah,” katanya.

Dijelaskan, tuntutan ganti rugi yang diminta adalah Rp 10 miliar. Karena lokasi tanah belum dibayar itu, tak hanya di Kantor Bupati Merauke tetapi beberapa tempat lain di Jalan Brawijaya maupun Marthadinata. “Kami minta harus ada kepastian penyelesaian pembayaran dalam waktu dekat,” pintanya.

Sepanjang belum ada penyelesaian, lanjut Kris, tidak boleh kantor digunakan setelah dirampungkan. Sasi adat yang dipasang, tak akan dicabut sebelum ada langkah penyelesaian pemerintah.

Ditanya jika sudah ada penyelesaian pembayaran beberapa tahun silam, Kris mengaku itu hanya tanah Pemda dan Lapangan Hasanab Sai. Sedangkan tanah di Kantor Bupati Merauke belum dibayar.

Bupati Merauke, Frederikus Gebze mengatakan, aksi pemalangan yang dilakukan Kris Pandi Mahuze, terkait tanah Kantor Bupati Merauke adalah hak bersangkutan. Nantinya pemerintah mengkaji dan melihat kembali, apakah sudah dibayar atau belum.

Ya, kita akan carikan solusi penyelesaian dengan melakukan inventarisasi terlebih dahulu tanah yang ada. Itu dengan tujuan mengetahui status sesungguhnya. Artinya apakah sudah atau belum diselesaikan,” tuturnya. (*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Pemilik Hak Ulayat Palang Kantor Bupati Merauke