Dalami 3 Kasus, Komnas HAM RI Tiba di Papua

share on:
Komisioner Komnas HAM RI, Natalius Pigai - Jubi/Abeth You
Komisioner Komnas HAM RI, Natalius Pigai – Jubi/Abeth You

Jayapura, Jubi – Untuk  mendalami tiga kasus yang sedang hangat di tanah Papua, yakni kematian Roberth Jitmau, pejuang pasar mama-mama Papua, kematian misterius lainnya dan pengiriman pencari suaka dari Batam, Kepulauan Riau ke Papua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (Komnas HAM RI) telah tiba di Tanah Papua sejak Rabu (15/06/2016).

Komisioner Komnas HAM RI, Natalius Pigai mengatakan, pihaknya telah menggelar pertemuan dengan Kapolda, Wakapolda, Irwasda dan para Kapolres Papua Barat di Mapolda Papua Barat terkait kasus-kasus Papua Barat yang diadukan ke Komnas HAM RI.

“Sesudah itu, yang kedua kami lakukan pertemuan dengan Kanwil Hukum dan Ham, Rumah Deteksi Imigrasi (Rudenim) bicara mengenai kondisi Lembaga Pemasyarakatan (LP) di Papua. Selain itu juga masalah pengungsi yang nanti akan dikirim dari Batam ke Papua, tepatnya di Kota Jayapura,” kata Natalius Pigai kepada Jubi di Jayapura, Jumat (17/06/2016).

Menurut Pigai, pihaknya dengan tegas  menolak pengiriman pencari suaka tersebut sehingga telah menggelar pertemuan dengan Kanwil Kemenkumham Provinsi Papua dan menyurat Jakarta untuk segera menghentikan program tersebut.

“Tujuan kedatangan kami yang ketiga adalah kami melakukan penyelidikan terhadap kasus kematian Roberth Jitmau. Hari ini kami sudah mulai pertemuan dengan kepolisian, saksi dan keluarganya. Jadi kita datangi semua,” ungkapnya.

Dijelaskan, kedatangannya juga untuk mendalami sejumlah kasus kematian orang Papua yang terjadi secara misterius di sejak bulan Maret 2016 hingga saat ini.

“Beberapa orang yang tiba-tiba mati secara misterius di Papua. Ini yang kami mau lakukan penyelidikan,” ungkapnya. (*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Dalami 3 Kasus, Komnas HAM RI Tiba di Papua