Harga Daging Diprediksi Naik Jelang Idul Fitri

share on:
Ilustrasi pedagang daging sapi - tempo.co
Ilustrasi pedagang daging sapi – tempo.co

Jayapura, Jubi – Penurunan harga daging sapi di daerah Jawa ternyata tidak berlaku di Jayapura, Papua. Harga daging sapi per kilogramnya kini telah mencapai Rp 125 ribu hingga Rp 130 ribu.

“Jelang Idul Fitri ini, diprediksi harga daging bakal akan naik harga antara Rp 140 ribu hingga Rp 150 ribu per kilogramnya,” ujar Agus, penjual daging sapi Vira di kompleks daerah pasar Youtefa Jayapura, Jumat (17/6/2016).

Tidak adanya pasokan sapi dari luar dan sulitnya mencari sapi lokal yang siap potong menjadikan harga daging diprediksi akan naik sejalan dengan permintaan pasar.

“Ya disini kan susah untuk mencari sapi dan tak mendapatkan sapi dari luar. Makanya daging itu mahal.  Setiap hari saya harus memotong sapi antara 1-2  ekor untuk mencukupi kebutuhan kios daging,” sambungnya.

Sementara Dwi, penjual daging sapi lainnya mengaku memasok daging yang dijualnya dari Merauke yang didapatnya dengan harga berkisar Rp 110 ribu- Rp 115 ribu dan dijualnya dengan harga Rp 125 ribu. Namun saat ini daging sapinya masih sepi pembeli.

“Semua pelanggan daging saya pergi akibat dua bulan tutup. Sekarang ini saya merintis ulang lagi,” katanya.

Kepala Disperindagkop Kota Jayapura, Robert LN Awi mengemukakan tahun depan pihaknya akan menargetkan adanya kontrol harga daging sapi agar bisa lebih dijangkau masyarakat.

“Kami harapkan tahun depan ada pengawasan kita terhadap daging sapi menjelang Idul Fitri dan daging yang lain di bulan Desember,”katanya. (*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Harga Daging Diprediksi Naik Jelang Idul Fitri